Senin, Mei 27, 2024

Pemkab Ciamis Gelar Kick Off Meeting Penyusunan RPJPD 2025-2045

Ciamis, Jabarupdate: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis gelar Kick Off Meeting Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2045, Selasa (5/9).

Kick Off Meeting Penyusunan RPJPD itu dilaksanakan di Aula Adipati Angganaya Bappeda kabupaten Ciamis.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra mengungkapkan pentingnya diadakannya Kick Off Meeting Penyusunan RPJPD tahun 2025-2045.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menyamakan persepsi dalam menyusun RPJPD,” ungkapnya.

Yana menerangkan, tujuan dilaksanakannya Kick Off Meeting Penyusunan RPJPD agar semua pihak mengetahui informasi dimulainya penyusunan RPJPD 2025-2045.

Dia menerangkan, dalam menyusun dokumen RPJPD semua pemangku kepentingan wajib menyesuaikan dengan kaidah dan aturan perumusan kebijakan pembangunan jangka panjang.

“Dalam pembangunan jangka panjang juga tetap harus mempertimbangkan perkembangan zaman,” terangnya.

Dia menuturkan, pertimbangan perkembangan tersebut bukan saja ditinjau dari aspek lokal, namun meliputi aspek nasional dan juga global.

Terakhir, Yana mengajak kepada seluruh jajaran Aparatur Pemkab Ciamis untuk berpikir visioner dalam membuat kebijakan untuk Kabupaten Ciamis selama 20 tahun kedepan.

Sementara itu, Nanang Permana selaku Ketua DPRD Kabupaten Ciamis mengatakan penyusunan RPJPD indikatornya mudah diukur.

“Penyusunan RPJPD Kabupaten Ciamis searah dengan RPJPN dan RPJP Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Dia menerangkan, bahwa dalam penyusunan RPJPD senantiasa memperhatikan kesejahteraan masyarakat, tidak merusak alam dan lingkungan sosial.

Dalam pandangan yang lain, Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis, David Firdha diantaranya menyampaikan evaluasi RPJPD tahun 2005-2025.

Dia menitik tekankan terhadap perkembangan indikator makro Kabupaten Ciamis 20 tahun ke belakang serta agenda dan tahapan penyusunan RPJPD Kabupaten Tahun 2025-20245.

Selain itu, Dia juga menyampaikan hasil aspirasi yang ditulis oleh masyarakat yang telah dihimpun sebelumnya oleh Bappeda Kabupaten Ciamis.

Hadir sebagai narasumber, Bappeda Provinsi dan Kementrian Dalam Negeri mengatakan pentingnya memahami tata cara penyusunan RPJPD.

“Kita harus memahaami arah kebijakan daerah, provinsi dan pembangunan nasional,” ungkapnya.

Hadir dalam Kick Off Meeting Penyusunan RPJPD Wakil Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Unsur Perangkat Daerah Kabupaten, TP PKK, Camat, Komite Perencana, unsur akademisi dan para pemangku kepentingan lainnya.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler