Senin, Mei 27, 2024

Program Sekoper Cinta untuk Berdayakan dan Menggali Potensi Kaum Perempuan di Ciamis

Ciamis, Jabarupdate: Sebanyak 10 desa di Ciamis akan menjadi sasaran program Pemprov Jawa Barat yaitu Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta).

Kepala DP2KBP3A Ciamis, Dr. Dian Budiyana membenarkan hal tersebut. Menurutnya, program tersebut memiliki tujuan untuk memberdayakan kaum perempuan di Jawa Barat.

Dian menuturkan program Sekoper Cinta ini sudah dimulai dari bulan September 2023 di lima desa yang berada di Kabupaten Ciamis.

“Sudah lima desa yang telah terlaksana dari total 10 desa yang menjadi sasaran program ini,” ungkapnyaungkapnya pada Jumat (13/10/2023).

Lima desa tersebut yaitu Desa Golat, Sadananya, Kawali, Sukaharja, dan Karangkamulyan.

Tujuan dari program Sekoper Cinta ini menurut Dian Budiyana adalah untuk meningkatkan peran kaum perempuan dalam keluarga.

“Ini dalam upaya meningkatkan kemandirian perempuan, yang pertama harus dilakukan adalah pemberdayaan perempuan yang bersifat partisipatif,” ungkapnya.

Salah satu penerapannya adalah lewat pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbasis gender.

“Juga dalam hal aktualisasi diri, ketahanan keluarga juga secara ekonomi,” ungkap Dian.

DP2KBP3A Ciamis berharap dengan adanya kegiatan ini mampu menciptakan perempuan yang memiliki daya tahan kuat untuk keluarga.

Peserta kegiatan ini ditargetkan 100 orang per desa, begitu yang disampaikan Dian.

Dian kembali menuturkan para peserta nantinya akan mengikuti 10 pertemuan dan diberikan materi tentang komunikasi, kesetaraan gender, pola asuh, dan kemandirian anak, serta keterampilan perempuan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler