Saresehan HMI, Songsong Ciamis Sebagai Kabupaten Layak Pemuda

Ciamis, Jabarupdate: Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI menggelar saresehan pemuda dengan tema “Produktivitas Pemuda Kabupaten Ciamis, Menyongsong Kabupaten Layak Pemuda”.

Hadir dalam acara ini Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis Tri Suratno dan Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kabupaten Ciamis.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis tersebut, Minggu (20/3/2022).

Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda (PTKP) HMI Cabang Ciamis, Siraj Naufal Mikdar Dabi-Dabi mengatakan, kegiatan saresehan pemuda ini merupakan bagian dari refleksi dan orientasi pemuda yang perlu diarahkan ke hal yang lebih positif dan produktif.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kata dia, ada 63,82 juta orang atau hampir seperempat dari jumlah penduduk Indonesia pada 2018, merupakan pemuda.

Sementara menurut data Susenas pada 2019, Indonesia merupakan rumah bagi 64,19 juta jiwa atau seperempat dari total penduduk Indonesia. Dan 55,28 perse pemuda itu terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Namun, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Provinsi Jawa Barat menempati angka terendah ke-6. Artinya kondisi pembangunan pemuda masih minim.

Dalam Saresehan HMI itu pun, lanjut dia, menyoroti tentang Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan di Kabupaten Ciamis.

Menurut dia, Perda tersebut sudah dijadwalkan masuk Program Pembentukkan Perda (Progpemperda) tahun 2022. Ini perlu menjadi perhatian mahasiswa.

Jangan sampai, tegas dia, pembentukkan Perda Kepemudaan itu tidak sejalan dengan pembangunan yang diharapkan pemuda di Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Tri berharap, saresehan HMI Cabang Ciamis ini sebagai ajang silaturahmi dan dapat menjadi momen penting yang dapat melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif di kalangan generasi muda.

“Terutama pada kesempatan ini untuk merumuskan sebuah rencana pembentukan Perda tentang Kepemudaan dalam rangka mendukung Ciamis sebagai Kabupaten Layak Pemuda,” tegas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article

KBPP Ciamis Ulang Tahun, Gelar Bakti Sosial

Next Article
Klinik hewan dinas peternakan Ciamis

Klinik Hewan Dinas Peternakan Ciamis, Buka Layanan Gratis

Related Posts
Total
0
Share