Selasa, April 16, 2024

Surya Paloh Enggan Terburu-buru Umumkan Cawapres Anies

NASIONAL, Jabarupdate: Surya Paloh selaku Ketua Umum partai Nasdem enggan terburu-buru dalam mengumumkan Cawapres Anies Baswedan pada pemilu 2024.

Politisi senior itu mengungkapkan pengumuman Cawapres Anies Baswedan akan resmi diumumkan menjelang pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia menerangkan keputusan yang diambil olehnya tidak mengartikan bahwa koalisi perubahan tidak solid dalam mengutus Cawapres Anies Baswedan.

Surya Paloh mengibaratkan bursa Capres dan Cawapres bagaikan pertandingan sepakbola.

“Nasdem belajar dari sepakbola, dimana dua menit terakhir skor bisa berubah,” ujar Paloh di Padang, pada Minggu (6/8/23).

Meski demikian Ketua Umum Partai Nasdem itu menerangkan banyak desakan dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal koalisi perubahan agar Cawapres Anies diberitahukan ke publik.

Tetapi ia menegaskan keputusannya sudah bulat, Cawapres Anies akan diumumkan menjelang pendaftaran Capres dan Cawapres di KPU.

Diketahui, pencalonan Presiden serta Wakil Presiden telah ditetapkan oleh KPU pada 19 Oktober sampai 25 November 2023.

Sementara itu, KPU juga telah menetapkan masa kampanye Pemilu 2024 akan dimulai sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Ia mengingatkan kepada berbagai pihak, baik internal koalisi maupun eksternal koalisi perubahan untuk bersabar dalam menunggu pengumuman Cawapres Anies.

Paloh juga menuturkan pepatah inggris kuno yang mengatakan bahwa dari gelas ke bibir masih banyak hal yang bisa terjadi.

Ketua Partai Nasdem itu juga menjelaskan bahwa internal koalisi sama sekali tidak memberikan tekanan terhadap Anies dalam menunjuk sosok dan waktu pengumuman Cawapres.

Hal tersebut disebabkan karena Nasdem adalah partai politik yang pertama kali mengumumkan Anies Baswedan sebagai Cawapres pada Pemilu 2024.

Oleh karena itu, ia beranggapan bahwa pengumumam Cawapres giliran partai yang lain dulu yang mengumumkan.

“Kita beri kesempatan kepada yang lain untuk mengumumkan Cawapres, karan kita sudah lebih dulu dalam mengumumkan Capres,” ucap Paloh.

Cawapres yang digadang-gadang akan mendampingi Anies Baswedan pada pemilu 2024 diantaranya Khofifah Indar Parawansa serta Agus Harimurti Yudhoyono.

Diketahui sampai saat ini Khafifah Indar Parawansa belum menentukan sikap untuk menjadi Cawapres Anies. Pasalnya, Ia masih fokus menjadi Gubernur Jawa Timur.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler