Kamis, Juli 18, 2024

Ternyata Buah Ini Cocok untuk Penderita GERD! Dijamin Aman Dikonsumsi

Ragam, Jabarupdate: Beberapa buah ini aman untuk dikonsumsi para penderita GERD. Penderita GERD atau lebih dikenal dengan penyakit asam lambung biasanya terjadi saat seseorang lupa sarapan, terlalu banyak mengonsumsi santan, dan mengonsumsi pedas.

Tidak sedikit para penderita GERD mengalami kebingungan saat hendak mengonsumsi buah. Kebanyakan akan takut, buah yang dikonsumsi justru mampu memperburuk kondisi lambung.

Melansir dari berbagai laman kesehatan, ada beberapa buah yang aman dikonsumsi untuk penderita GERD.

Pisang

Para penderita GERD ternyata disarankan untuk mengonsumsi pisang. Buah ini diklaim mampu menetralkan asam lambung lantaran mengandung rendah asam.

Ketika dikonsumsi, buah ini akan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Selain itu, pisang juga kaya akan pektin.

Pektin merupakan serat larut yang membantu menjaga makanan mengalir dengan baik melalui saluran pencernaan. Pektin mampu memperlambat proses pengosongan pada lambung.

Apel

Selain pisang, para penderita asam lambung juga dapat mengonsumsi apel. Apel memiliki
kandungan serat yang tinggi. Apel berukuran sedang atau setara 200 gram mengandung 5 gram serat.

Menurut para peneliti, saat mengonsumsi makanan tinggi serat dapat meminimalisir masalah gangguan pencernaan yakni, GERD.

Tidak hanya itu, melansir dari laman yang sama, ketika seseorang mengonsumsinbuah apel ternyata dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena GERD.

Melon

Buah yang memiliki cita rasa manis ini kerap disebut makanan yang memiliki sifat alkali. Alkali merupakan sifat makanan mengandung basa. Adapun yang termasuk makanan alkali adalah makanan tinggi air, kalsium, kalium, dan fosfor.

Para peneliti mengatakan bahwa makanan seperti melon, mengandung basa, cocok untuk penderita GERD. Tidak hanya itu, satu melon ukuran kecil ternyata memiliki 1.180 mg kalium, 39,7 mg kalsium, dan 66,2 mg fosfor. Sementara untuk kandungan airnya sebesar 90 persen.

Para penderita GERD atau asam lambung tidak perlu khawatir, ketika memiliki keinginan mengonsumsi buah-buahan dalam porsi sewajarnya.

Namun, perlu diingat untuk para penderita asam lambung untuk tidak mengonsumsi buah saja. Para penderita GERD juga diwajibkam untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jangan lupa selalu olahraga teratur agar penyakit asam lambung tidak mudah kambuh.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler