Senin, Juni 17, 2024

Tiga Pelajar SMAN 1 Ciamis Meraih Medali Emas Olimpiade Sains Tingkat Nasional

Ciamis, Jabarupdate: Tiga pelajar yang berasal dari SMAN 1 Ciamis berhasil mengukir prestasi gemilang dengan meraih medali emas dalam Olimpiade Sains Tingkat Nasional yang diadakan baru-baru ini.

Gelaran yang kompetisi yang dilaksanakan lembaga atau badan swasta itu merupakan ajang yang cukup bergengsi. Ratusan peserta dari berbagai sekolah di seluruh negeri pun turut bersaing.

Kompetisi ini menjadi ajang bagi para pelajar tingkat SMA/sederajat untuk memperlihatkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam berbagai bidang ilmu sains.

Ketiga pelajar SMA Negeri 1 Ciamis yang mengikuti olimpiade ini bernama Tasya Tazkia Tisyadi, Raya Ramadhana, dan Taufiq Husni Mubarak. Siswa-siswi ini masih satu kelas di XI MIPA 2.

Mereka telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras luar biasa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi olimpiade ini.

Para siswa ini terlebih dahulu mengikuti pelatihan intensif di bawah bimbingan guru-guru yang berpengalaman dan mendalam dalam bidang sains.

Atas ketekunan dan komitmennya, mereka berhasil menunjukkan keunggulan di setiap tahap kompetisi dan memperoleh skor tertinggi dalam bidang spesialisasi masing-masing.

Diketahui, Tasya meraih medali emas dalam bidang Biofisika, sementara Raya di bidang medali emas di bidang Sciencelish Kimia. Dan Taufiq, sekaligus meraih tiga medali emas di bidang Sejarah, Sosiologi, dan Matematika.

Ucap Syukur dari Pelajar SMAN 1 Ciamis

Tasya mengucap rasa syukur atas prestasi medali emas di bidang Biofisika itu. Ia mengaku, masih tak menyangka bisa mencapai tingkat tertinggi dari 470 peserta yang mengikuti olimpiade bidang Biofisika ini.

“Sampai sekarang saya masih tidak menyangka. Meskipun, medali ini bukan yang pertama. Tapi bagi saya, medali emas ini merupakan pencapaian luar biasa,” kata Tasya pada Kamis (25/3/2023).

Anak tunggal dari pasangan R. Yadi Tisyadi dan Tusi Murniati ini mengatakan bahwa sejak kecil sudah senang pada mata pelajaran Biologi.

Ia juga menyampaikan, untuk mencapai prestasi seperti sekarang ini butuh belajar yang tekun dan konsisten.

“Belajarlah dengan giat sejak awal. Jangan sampai belajar saat prakteknya saja,” kata dia.

Membawa Nama Baik Sekolah dan Masyarakat Ciamis

Prestasi yang diraih ketiga pelajar ini sangat membanggakan sekolah mereka, keluarga, dan masyarakat Kabupaten Ciamis.

Keberhasilan mereka juga menjadi inspirasi bagi pelajar-pelajar lainnya untuk mengembangkan minat dan kemampuan dalam bidang sains.

Guru pembimbing pelajar SMAN 1 Ciamis untuk olimpiade, Nenden Rosmaya, S.Pd., menyampaikan, pihaknya mengaku tak menyangka.

Pasalnya, selama dirinya membimbing baru kali ini mendapati siswa-siswi yang keinginannya besar dalam mengikuti kejuaraan.

“Anak-anak ini sangat luar biasa. Karena selama saya membimbing dan meraih medali emas dalam olimpiade tingkat Nasional, baru kali ini. Sebelumnya pernah juga ada, baru ke tingkat provinsi,” ujar Nenden.

Ia berharap, prestasi ketiga pelajar ini akan mendorong semakin banyak siswa-siswi untuk berpartisipasi dalam kompetisi-kompetisi sains tingkat nasional dan memperoleh keunggulan dalam bidang mereka.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler