Selasa, Februari 27, 2024

Tingkatkan Kualitas Demokrasi, Badan Kesbangpol Ciamis Beri Pendidikan Politik pada Perempuan

Ciamis, Jabarupdate: Badan Kesaatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ciamis memberikan pendidikan politik bagi perempuan guna meningkatkan kualitas demokrasi.

Acara dilaksanakan bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Ciamis pada Selasa (14/2/2023) di Gedung Puspita Jalan Nasional III Nomor 22 Ciamis.

Kepala Badan Kesbangpol Ciamis R. Yadi Tisyadi, S.E., M.Si., berharap bahwa acara ini dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam meningkatkan kualitas demokrasi.

Terutama bagi perempuan agar mampu menyalurkan hak politik melalu Badan Legislatif. Acara ini diikuti oleh 70 peserta dari berbagai wilayah di Tatar Galuh ini.

Sebagaimana diketahui bersama, kata Yadi, bahwa saat ini angka partisipasi perempuan Indonesia di ranah politik khusunya di lembaga legislatif masih di bawah 30%.

Ia menyampaikan pentingnya peningkatan partisipasi perempuan di kancah politik yakni, supaya pengambilan keputusan politik yang lebih akomodatif dan substansial.

Selain itu, lanjut Yadi, agar lebih menguatkan demokrasi yang senantiasa memberikan gagasan terkait perundang-undangan pro perempuan dan anak di ruang publik.

Ia menambahkan, perlunya upaya untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam parlemen juga melalui sebuah rancangan Peraturan Presiden (Perpres).

Perpres tersebut tentang grand design peningkatan keterwakilan perempuan, upaya, serta komitmen kuat dari pemerintah dalam terwujudnya kesejahteraan yang berkeadilan gender.

Menurut dia, dengan terus mendorong tercapainya kuota 30% keterlibatan perempuan di parlemen akan mengikis ketimpangan gender dalam politik.

Menurut dia, ujuan kegiatan pendidikan politik ini juga dapat meningkatkan keterwakilan perempuan dalam partisipasi politiknya.

Dengan begitu kualitas demokrasi pun meningkat dan kualitas perempuan untuk berperan serta dalam pengambilan keputusan politik di parlemen juga semakin besar.

“Dengan begitu, akan terwujud kesejahteraan yang berkeadilan gender,” tegas Yadi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler