UEFA bakal Gelar Liga Champions dengan Format Baru

Liga Champions dengan Format Baru
Lambang Liga Champions/Net

Olahraga, Jabarupdate: Federasi Sepak Bola Eropa atau UEFA bakal menyajikan Liga Champions dengan format yang baru. Aturan telah diputuskan untuk diterapkan pada musim 2024-2025.

Sebelumnya, UEFA sudah memiliki rencana untuk kompetisi Liga Champions ini akan ada perubahan format.

Namun baru resmi ditegaskan pada Selasa 10 Mei 2022. Secara resmi Komite Eksekutif UEFA menyetujui untuk menerapkan format baru tersebut serta daftar akses untuk kompetisi klub Eropa di Musim 2024-2025.

Putusan ini pun mereka ambil setelah melakukan konsultasi secara menyeluruh dengan para pemangku kepentingan. Keputusan ini juga merupakan tindaklanjut dari putusan UEFA pada 19 April 2021 lalu.

Halaman resmi UEFA menyampaikan bahwa format baru ini disebut dengan “Sistem Swiss”. Dimana, di dalamnya memiliki beberapa peraturan serta sistem baru.

Pertama dari jumlah peserta. Awalnya, jumlah 32 klub. Ke depan, dengan format baru itu, klub yang mengikuti Liga Champions bertambah jumlahnya menjadi 36 peserta.

Artinya akan ada penambahan empat peserta lagi untuk Liga Champions dengan format terbaru itu.

Di dalam format ini juga sudah tidak menerapkan sistem pembagian grup dan babak penyisihan. Ke depan, akan mengusung dengan format liga.

Format liga ini dijelaskan bahwa setiap klub akan bermain sebanyak sepuluh kali. Lima pertandingan akan dilakukan secara home (kandang) dan lima away (tandang) dengan menghadapi klub yang berbeda.

Dari hasil format liga tersebut yang dijalani oleh masing-masing klub. Maka delapan klub teratas di klasmen otomatis mendapat tiket ke babak 16 besar.

Sisa delapan slot lainnya akan diperebutkan oleh tim yang berada di peringkat ke sembilan sampai dengan peringkat 24. Ini dimainkan dengan konsep play-off dan dua leg.

Bagi klub yang berada di klasmen ke-25 hingga ke-36, otomatis akan tersingkir secara langsung dari Liga Champions.

Kemudian pada babak ke-16 besar hingga babak final Liga Champions. Di sini akan menggunakan format yang sama dengan format sebelumnya.

Dengan adanya konsep Liga Champions yang baru ini, maka kompetisi akan berjalan lebih panjang dari yang biasanya.

Sebab setiap klub akan bermain lebih banyak pada pertandingan, dalam satu musimnya.

Tujuan Liga Champions dengan format baru inj adalah agar setiap kontestan yang berpartisipasi dalam ajang ini mampu mendapatkan pemasukan yang lebih dari pada biasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article

Hanya Kabupaten Ciamis Terapkan PPKM Level 1 di Jabar

Next Article
Henidar Amroe Menjanda

Terbongkar, Ternyata Henidar Amroe Menjanda Selama 12 Tahun

Related Posts
Total
0
Share