Jumat, Juni 21, 2024

Wujudkan Generasi Anti Korupsi, LIN Gelar Latihan untuk Pelajar Ciamis

Ciamis, Jabarupdate: Dalam mewujudkan generasi anti-korupsi, Lingkaran Intelegensia Nusantara (LIN) menggelar latihan kader anti-korupsi yang dihadiri oleh ratusan pelajar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Sabtu (18/11/2023).

Direktur LIN Hernawan Mahabrata menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membangun generasi yang berintegritas dan anti-korupsi.

“Karenanya, salah satu upaya mencapai tujuan tersebut, LIN mengadakan latihan kader anti-korupsi khusus untuk pelajar di Kabupaten Ciamis,” ujar dia.

Ia mengatakan, acara ini dihadiri oleh ratusan pelajar dari berbagai Sekolah Menengan Atas (SMA) dan sederajat.

Tujuannya, tegas dia, adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bahaya korupsi, serta mendorong partisipasi aktif pelajar dalam memerangi tindakan korupsi.

Latihan kader melibatkan berbagai kegiatan, mulai dari diskusi kelompok, simulasi peran, hingga permainan edukatif.

Hal ini dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada pelajar sehingga mereka dapat mengaplikasikan nilai-nilai anti-korupsi dalam kehidupan sehari-hari.

Acara dibuka langsung Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis Sopwan Ismail, S.Psi., M.H.

Menurutnya, generasi muda memiliki peran penting dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat. Dengan memahami konsep anti-korupsi sejak dini, mereka dapat menjadi agen perubahan yang kuat.

“Mental anti-korupsi ini perlu ditanamkan sejak dini agar menjadi bagian integral dari pembentukan karakter setiap individu, terutama generasi muda,” ujar dia.

Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Uned Setiawan.

Pihaknya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Lingkaran Intelegensia Nusantara yang telah menggelar Pelatihan Kader Anti Korupsi. Menurutnya, kegiatan ini bisa menanamkan pemahaman yang baik mengenai keburukan tindakan korupsi.

“Mental anti-korupsi harus ditanamkan sejak dini agar di masa yang akan datang, mereka mampu moralitas yang dan berakhlak mulia,” kata Uned.

Ia menilai, pelatihan kader pelajar anti-korupsi merupakan upaya konkret untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki mental anti-korupsi yang kuat, menjaga masa depan bangsa dari ancaman tindakan korupsi yang merugikan.

“Mari kita pupuk kembali generasi muda yang jujur dan yang bekerja di atas kepentingan bangsa serta negara. Semoga generasi Ciamis bisa lebih maju dan menghindari tindakan korupsi yang dapat mengerogoti dan menghancurkan bangsa di masa yang akan datang,” kata dia.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler