Senin, Mei 27, 2024

234 Peserta Ikuti Kite Champions 2023 di Barengkok Cijulang Pangandaran

Pangandaran, Jabarupdate: Pemuda Jaga Buana Dusun Barengkok, Desa Cijulang, Kabupaten Pangandaran menggelar Kite Champions empat hari, mulai dari Sabtu-Selasa 30 September-3 Oktober 2023.

Sebanyak 234 peserta yang mengikuti Adu layang-layang ini. Mereka adalah para joki ternama yang terdiri dari warga Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Bekasi, Sumedang, dan Depok.

Ketua Pemuda Jaga Buana Irga Amirudin Idris menyebutkan bahwa kegiatan tersebut berawal dari keinginan masyarakat sekitar dalam upaya melestarikan budaya lama.

“Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar keinginan masyarakat. Di sini, adu layang-layang juga sudah menjadi rutinitas di setiap musim kemarau,” kata Irga.

Dia juga menerangkan bahwa kegiatan ini menjadi pertama kalinya dilaksanakan secara resmi di Desa Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Menurutnya, Kite Champions 2023 adalah bukti nyata betapa kuatnya semangat masyarakat untuk melestarikan tradisi layang-layang dan menjadikannya acara yang meriah.

“Menjadi satu kebanggan bagi kami bisa menyelanggarakan kegiatan tersebut. Ini pertama kalinya dengan jumlah peserta lebih dari dua ratus orang,” terang dia.

Tidak hanya peserta, tetapi juga pengunjung datang dari berbagai penjuru untuk menyaksikan keindahan spektakel ini.

Teriakan sorak dari penonton mengiringi tiap layang-layang yang terbang tinggi di langit, menciptakan momen-momen yang mengesankan.

Selain menjadi ajang kompetisi, Kite Champions 2023 juga menjadi kesempatan untuk mendukung ekonomi lokal.

Penjual makanan dan kerajinan tangan setempat berkumpul di sekitar acara, menawarkan makanan dan produk-produk khas Pangandaran kepada pengunjung.

“Banyaknya yang datang ke acara ini mendapat banyak manfaat. Terutama kepada para pedagang di wilayah sekitar. Ini sebagai cara meningkatan masyarakat lokal,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, kompetisi tersebut menerapkan aturan gaya adu bebas, dengan panjang gelasan tidak dibatasi.

“Meskipun dengan gaya adu bebas, tapi tidak diperbolehkan menggunakan bandul, ring l, dan kincir. Para peserta hanya diperbolehkan menggunakan sarung tangan,” terangnya.

Juara Kite Champions 2023

Irga mengungkapkan, dalam perlombaan ini juara pertama dirah oleh tim Deki TR Cigugur, yang kedua tim Jalan 13 Cimerak, Ketiga Tim Ciseel Banjarsari, dan keempat Rendi Sakatabreng Tenjolaya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi pemuda dan masyarakat sekitar. Terlebih kepada peserta yang hadir. Kepada pihak yang telah mendukung moral maupun moril atas terselenggaranya kegiatan ini, ” pungkasnya.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler