Jumat, Juni 21, 2024

Asal Muasal Lahirnya Hari Jomblo Sedunia

Ragam, Jabarupdate: Sejumlah negara di dunia merayakan hari Jomblo sedunia setiap tanggal 11 November atau lebih populer dengan sebutan Singles Day.

Hari Jomblo sedunia biasanya menjadi perayaan bagi orang-orang yang tidak memiliki pasangan untuk lebih berfokus pada diri sendiri, serta ajang untuk menemukan cara-cara lain yang lebih positif dalam menikmati masa lajangnya.

Meskipun merupakan mahkluk sosial, terkadang manusia memang perlu untuk “mengisolasi” diri dari keramaian. Oleh karena itu, hari Jomblo sedunia ini menjadi momen yang pas bagi orang-orang yang ingin menyendiri untuk melakukan hal-hal positif.

Dilansir dari lama detik jogja, hal-hal yang direkomendasikan untuk mengisi perayaan hari Jomblo memang beragam. Ada yang merayakannya dengan berolahraga, bermain game, melakukan pengembangan diri, atau bahkan pijat relaksasi.

Lalu, bagaimana bisa hari Jomblo ini muncul dan dirayakan oleh banyak orang?. Dilansir dari Independent UK, hari jomblo berawal dari masyarakat Cina dan sejumlah negara lain yang merayakan hari Jomblo setiap tanggal 11 November.

Awalnya perayaan tersebut merupakan bentuk “perlawanan” terhadap perayaan valentine yang dilaksanakan setiap tanggal 14 Februari.

Awal mula perayaan yang berlawanan dengan valentine ini diinisiasi oleh pemuda-pemudi yang masih lajang dari Cina. Namun, makin lama perayaan tersebut menjadi lebih besar dan lebih terfokus pada perayaannya sendiri.

Lebih jelasnya, perayaan tersebut bermula di Unversitas Nanjing, Cina. Mahasiswa Universitas Nanjing mulai merayakan perayaan tersebut pada tahun 1993.

Perayaan tersebut hanya ditujukan untuk perayaan internal kampus, tetapi ternyata perayaan tersebut menjadi populer di kalangan masyarakat luas. Di dalam perayaannya sendiri, orang-orang lajang yang masih muda mengunjungi teman lajang mereka untuk berkumpul.

Di sisi lain, dilansir dari laman detik.com, tanggal 11 November juga menjadi tanggal yang banyak diminati beberapa pasangan untuk melangsungkan pernikahan. Selain itu, media di Cina juga gencar mewartakan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan dan percintaan pada tanggal tersebut.

Kini, menurut laporan investopedia, perayaan Singles Day atau hari Jomblo sedunia ini mulai ramai dirayakan di berbagai belahan dunia, seperti Jerman, Belanda, Malaysia, Thailand, Inggris, dan Indonesia.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler