Bawaslu Ciamis Apel Siaga Pemilu 2024, Lonceng Pengawasan Dimulai

Bawaslu Ciamis Apel Siaga Pemilu 2024
Bawaslu Ciamis Apel Siaga Pengawasn Pemilu 2024/Jabarupdate

Ciamis, Jabarupdate: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 di Halaman Kantor Bawaslu, Jalan RAA Kusumasubrata, Ciamis pada Selasa (14/6/2022).

Ketua Bawaslu Ciamis Uce Kurniawan menjelaskan, gelaran apel tersebut dilakukan serentak di Bawaslu seluruh Indonesia. Atas perintah Bawaslu Republik Indonesia.

“Kenapa kita harus melaksanakan Apel Siaga Pengawasan, karena hari ini adalah hari pertama untuk menyambut perhelatan proses pergelaran Pemilu yang akan dilakukan tahun 2024 mendatang,” jelas Uce.

Ia melanjutkan, hari ini pula jajaran Bawaslu Kabupaten Ciamis yang diberikan mandat oleh Undang-Undang untuk melaksanakan pengawasan, penindakan, dan memutuskan.

“Lonceng siaga pengawasan Pemilu 2024 dinyalakan. Ini berarti, tanda pengawasan oleh Bawaslu Kabupaten Ciamis sudah dimulai. Ini adalah start pengawasan kita,” ujar dia.

Uce juga menginstruksikan kepada jajaran Kesekretariatan Bawaslu Kabupaten Ciamis, sejak hari ini harus sudah memulai untuk mendeteksi persoalan.

“Pesan saya juga untuk jajaran kesekretariatan. Mulai deteksi persoalan-persoalan di lingkungan masing-masing terlebih dahulu. Kalau ternyata di kemudian hari akan ada permasalahan. Baik itu polarisasi masyarakat terhadap gesekan, atau gesekan PNS,” kata Uce.

Siaga Pengawasan Bawalu hari ini, kata Uce, untik meminimalisir persoalan yang akan menjadikan konrra pruduktif terhadap ketidaksuksesannya pada perhelatan Pemilu 2024.

Dia menjelaskan, apabila Bawaslu Ciamis sudah gelar Apel Siap Siaga Pengawasan, maka, sebesr apa pun potensi permaslahan nanti akan bisa dihadpi.

“Setidaknya bisa kita pecahkan bersama-sama,” kata dia.

Ia mengaku, tidak ingin adanya permasalahan di Pemilu dan Pilkada 2024 nanti yang tidak bisa diselesaikan Bawaslu Kabupaten Ciamis.

“Hari ini. Di pundak kita semua. Sudah memiliki tanggung jawab. Kita tahu, di 2024 akan melahirkan seorang Presiden dan Wakil Presiden, kemudian Anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten,” ujar dia.

Di level pengawasan Pemilu nanti, lanjut Uce, di Kabupaten Ciamis tidak ada lembaga lain selain Bawaslu. “Maka dari itu, pengawasan, deteksi dini, penindakan, ada di pundak kita sebagai Bawaslu Kabupaten Ciamis,” tegas Uce.

Dia juga mengungkapkan, setelah Apel Siaga Pengawasn Pemilu 2024, selanjutnya Bawaslu Ciamis akan menggelar beberapa agenda. Asalah satunya melakukan perekrutan Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam).

Ia mengatakan, Panwascam terdiri dari tiga orang komisioner per kecamatan. Dan ada 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis. “Perekrutan dimulai bulan September. Tidak ada pembatasan pelamar. Namun ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi para pelamar,” beber Uce.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
Resmi, Pemerintah Kembali Menaikan Tarif Listrik

Resmi, Pemerintah Kembali Menaikan Tarif Listrik

Next Article
Holywings Indonesia

Holywings Indonesia kembali Mengadakan Kompetisi Boxing

Related Posts
Total
11
Share