Jumat, Juni 21, 2024

Beragam Kegiatan Dalam Festival Diwali

Global, Jabarupdate: Diwali merupakan salah satu festival terbesar di India yang dirayakan pada bulan Oktober atau November.

Diwali atau yang bisa juga disebut Dipawali berasal dari kata avali yang berarti lampu tanah liat da deepa yang berarti cahaya-cahaya yang berada di luar rumah orang-orang India untuk menandakan perlindungan dari roh-roh jahat.

Diwali juga sering disebut sebagai festival cahaya karena dari dulu berbagai macam benda yang bisa menghasilkan cahaya biasa digunakan secara masif dalam festival ini. Kini, kembang api menjadi elemen penting dalam perayan festival yang diadakan selama lima hari tersebut.

Dilansir dari laman nationalgeographic.com, festival Diwali tidak hanya dirayakan oleh kaum Hindu saja, melainkan oleh kaum Sikh, Jain, dan Buddha. Dalam ajaran Jainisme, Diwali menandakan kebangkitan spritual dari Dewa Mahavira pada tanggal 15 Oktober, 527 SM. Di sisi lain, ajaran Sikhisme menghormati tanggal tersebut sebagai bentuk peringatan dibebaskannya Guru Hargobind Ji dari penjara.

Sementara itu, meskipun pada awalnya Diwali menjadi hari libur keagamaan, kini Diwali sudah dijadikan hari libur nasional. Hal ini terjadi karena mayoritas agama di India merayakan festival Diwali. Namun, meskipun dirayakam di seluruh India, berbagai daerah di India memaknai Diwali secara berbeda.

Di India bagian Utara, Diwali diperingati sebagai kembalinya Rama setelah merayakan Sita dari cengkeraman raja jahat. Ketika dalam perjalanan pulang menuju Ayodhya, rakyat Ayodhya menyalakan cahaya yang begitu banyak untuk menyambut kepulangan Rama dan Sita.

Lain halnya dengan India bagian Selatan yang memaknai Diwali sebagai hari di mana Dewa Krishna Membunuh iblis Narakasura. Lalu, di India bagian barat, Diwali menandakan hari ketika Dewa Wisnu (salah satu dewa utama dalam agama hindu) menyuruh iblis Raja Bali untuk memerintah dunia bawah.

Masih dikutip dari laman nationalgeographic.com, festival Diwali yang dirayakan selama lima hari ini diisi dengan acara yang berbeda-beda. Pada hari pertama, orang-orang akan membersihkan rumah mereka lalu membeli peralatan dapur sebagai simbol pembawa keberuntungan. Di hari kedua, orang-orang akan mulai mendekor rumah mereka dan menggambar pola yang disebut sebagai Rangoli di lantai rumah mereka. Rangoli biasanya digambar menggunakan tepung berwarna atau pasir.

Selanjutnya, orang-orang akan berkumpul pada hari ketiga untuk melakukan Laksmi puja pada hari ketiga. Laksmi puja adalah kegiatan berdoa kepada Dewi Laksmi, dilanjut dengan pesta dan festival kembang api.

Hari keempat Diwali merupakan hari pertama di awal tahun, perlu diketahui bahwa ada beberapa perayaan tahun baru di India. Orang-orang akan berkunjung ke rumah teman atau kerabat pada hari keempat. Setelah itu, di hari kelima para saudara lelaki akan pergi rumah saudari mereka untuk menghadiri perjamuan makan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler