Kamis, Juni 20, 2024

Brighton & Hove Albion Telan Kekalahan dalam Debutnya Mengarungi Liga Eropa

Editor:Nuryanti

OLAHRAGA, Jabarupdate: Meskipun bermain di kandang sendiri, di Falmer Stadium, Brighton & Hove Albiontak mampu mengantongi kemenangan di matchday 1 Liga Eropa grup B. Pertandingan ini berlangsung pada Jumat dini hari, 22 September 2023.

Kalah dengan skor 3-2 melawan tim AEK Athens merupakan kejadian yang agak mengejutkan. Pasalnya, sebelumnya Brighton telah menaklukan tim besar Liga Inggris, yakni Newcastle United dan Manchester United, dan keduanya ditaklukan dengan skor yang sama, yakni 3-1.

Setelah menempati posisi ke-6 di Liga Inggris pada tahun lalu, untuk pertama kalinya Brighton bisa mengikuti ajang sepak bola tingkat Eropa. Roberto de Zerbi sebagai pelatih Brighton mengakui bahwa kekalahan tim asuhannya terjadi karena kurangnya pengalaman mereka dalam mengikuti kompetisi setingkat Liga Eropa.

“Saya pikir kami melihat perbedaan pengalaman di level ini antara kedua tim. Kami cemas, bahkan terburu-buru berusaha menyelesaikan sesuatu dengan cepat,” ungkap de Zerbi kepada Sky Sport.

“Kami tidak pantas menang, tapi tentu saja kami juga tidak pantas kalah. Kami tidak beruntung pada dua gol pertama, meskipun saya tidak suka berbicara tentang keberuntungan. Itu adalah permainan dua babak. Kami mudah kehilangan fokus,” lanjutnya.

Jalannya Pertandingan

Brighton & Hove Albion terlihat bermain polos dan kurang meyakinkan sejak peluit tanda dimulainya babak pertama dibunyikan. Bahkan, alih-alih bersemangat untuk membangun serangan akibat adanya dukungan dari para penggemar, Brighton malah kebobolan ketika AEK Athens melakukan serangan pertamanya.

Serangan pertama AEK Athens diluncurkan dari bagian kiri lapangan. Serangan tersebut berakhir dengan membuahkan tendangan penjuru bagi AEK Athens. Karena tak ada yang menghalangi, Djibri Sidibe berlari bebas menyambut bola dari tendangan pojok. Akhirnya Ia menyundul bola dari jarak 15 meter, dan berhasil menaklukan penjaga gawang Brighton, Jason Steele, di menit ke-11.

Gol penyeimbang dari Brighton tercipta ketika penyerangnya, yakni Joao Pedro dianggap melakukan diving di dalam area kotak penalti. Namun, setelah melihat VAR, wasit merubah keputusan tersebut dan malah memberi hadiah penalti untuk Brighton. Joa Pedro terpilih menjadi eksekutor dan berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-30.

Sepuluh menit berselang sejak gol penyeimbang dari Brighton tercipta, AEK Athens kembali menjebol gawang The Seaguls pada menit ke-40. Gol pengganda keunggulan itu tercipta setelah Mijat Gacinovic berhasil memaksimalkan peluang dari umpan Garcia.

Pertandingan semakin seru saat Tuan Rumah kembali menyamakan kedudukan. Pada babak kedua, tepatnya menit ke-67, Brighton kembali dihadiahi tendangan penalti oleh wasit setelah Joao Pedro diganjal Damian Szymanski di dalam kotak terlarang. Joao Pedro kembali terpilih menjadi eksekutor dan mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Sayangnya, Brighton harus mengakui ketangkasan Tim Tamu setelah AEK Athens menjebol gawang Jason Steele untuk ketiga kalinya. Gol kemenangan AEK Athens ini diciptakan oleh Ezequiel Ponce pada menit ke-84.

Dengan hasil ini, Brighton & Hove Albion harus puas dengan berada di dasar klasemen Grup B Liga Eropa 2023/2024.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler