Sabtu, Juli 20, 2024

Dapat Menangkal Alergi, Ini 3 Khasiat Mengonsumsi Bawang Merah untuk Kesehatan

Editor:Hilmi

Ragam, Jabarupdate: Dapat menangkal alergi, ini ada tiga khasiat mengonsumsi bawang merah untuk kesehatan. Bawang merah merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap kali ditemui di dapur rumah-rumah dan lazim digunakan sebagai penyedap makanan.

Bahan makanan satu ini selain digunakan sebagai bumbu dalam masakan ternyata dapat digunakan sebagai salah satu bahan campuran obat tradisional.

Melansir dari laman kesehatan, bawang merah kaya akan senyawa yang dikenal dengan nama anthocyanin. Senyawa ini memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kadar gula darah.

Melansir dari laman kesehatan yang sama, ada tiga khasiat saat seseorang mengonsumsi bawang merah.

*Menjaga Kesehatan Sendi*

Pada bawang merah terdapat kandungan quercetin yang dapat menjaga kesehatan sendi tulang dan mengurangi risiko pengapuran pada orang berusia lanjut.

Tidak hanya itu, pada bawang merah juga terdapay kandungan selenium yang mampu berperan sebagai senyawa anti radang pada bagian sendi dan jaringan otot.

*Menangkal Alergi Musiman*

Selain menjadi bumbu dapur, bawang merah dapat digunakan sebagai obat alami dalam meningkatkan sistem imun tubuh, khususnya dalam menangkal alergi musiman.

Melansir dari berbagai laman, bawang merah memiliki semacam senyawa yang dikenal dengan nama quercetin. Senyawa ini berguna untuk menangkal radikal bebas dan menjadi obat antioksidan alami dari alergi yang umum diderita manusia, seperti bersin, peradanga, mata berair dan demam ringan.

*Menjaga Kesehatan Rambut*

Bawang merah sejak zaman dahulu dipercaya mampu menjaga kesehatan dan menyuburkan pertumbuhan rambut.

Masih melansir dari laman yang sama, bawang merah memiliki kandungan belerang yang aktif untuk menyuburkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Konsentrasi belerang alami yang terdapat dalam bawang merah dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area kulit kepala dan mendorong pertumbuhan folikel pada rambut.

Cara menggunakannya pun gampang yakni. menghancurkan bawang merah hingga halus lalu tambahkan sedikit minyak kelapa dan taburkan pada kulit kepala hingga merata selama beberapa menit.

  • Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi bawang merah bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler