Kamis, Juni 20, 2024

Disbudpora Ciamis Hadiri Festival Mopoek Lembur di Desa Bangbayang

Ciamis, jabarupdate: Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis hadiri festival Mopoek Lembur di Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku pada, Rabu (29/5).

Festival Mopoek Lembur ini merupakan Upaya untuk menjaga tradisi, menjalin persatuan serta merawat warisan budaya.

Hal tersebut disampaikan oleh R. Ega Anggara Al Kautsar selaku Sekretaris (Sekdis) Disbudpora Kabupaten Ciamis.

Menurutnya, kehadiran Disbudpora yang diwakili olehnya merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam pelestarian budaya.

“Kita memiliki komitmen untuk menjaga pelestarian budaya yang ada di Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

Tokoh Pemuda Kabupaten Ciamis itu juga menyatakan bahwa kehadiran Pemkab Ciamis salah satunya dalam rangka pengembangan Desa Bangbayang.

Menurutnya, Festival Mopoek lembur bukan sekedar mengenang masa lalu, tetapi lebih dalam dari itu.

“Dengan adanya Festival Budaya ini bisa menjadi momen kita untuk senantiasa bersyukur atas kemajuan yang telah kita capai,” tuturnya.

Dia menerangkan, dengan adanya Festival Mopoek Lembur juga dapat mempererat tali silaturahmi antar warga, khususnya di Desa Bangbayang.

“Dengan adanya festival ini dapat memciptakan rasa kekeluargaan dan rasa saling memiliki antar sesama warga,” terangnya.

Sehingga, Lanjut Ega, persatuan dan kesatuan yang diharapkan oleh kitab isa dicapai dengan adanya kegiatan Bersama ini.

Sekdis Disbudpora sekaligus Ketua Karang Taruna Kabupaten Ciamis itu juga menjelaskan kegiatan ini dapat menjadi investasi untuk masa depan.

“Festival ini harus terus dirawat sehingga bisa menjadi warisan budaya untuk generasi penerus di masa yang akan dating,” pungkasnya.

Diketahui dalam kegiatan tersebut juga terdapat rangkaian agenda penyerahan Haki Batik Babanggian dari Kemenkumham untuk Kepala Desa Bangbayang.

Dengan penyematan tersebut menunjukan bahwa Desa Bangbayang secara resmi diakui telah memiliki Batik Khas dari Desa Bangbayang.

Terakhir, Ega selaku perwakilan Disbudpora Ciamis berharap festival Mopoek Lembur ini dapat menbangkitkan rasa Syukur atas kemajuan yang telah diraih.

“Kita sudah seharusnya bersyukur atas kemajuan yang telah dicapai, khususnya kemajuan yang dirasakan oleh Masyarakat Desa Bangbayang,” pungkasnya.

 

 

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler