Sabtu, Februari 24, 2024

Disdukcapil Ciamis Sasar 152 Sekolah untuk Rekam EKTP Pemilih Pemula

Ciamis, Jabarupdate: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis berkomitmen untuk mengoptimalkan rekam data EKTP (KTP Elektronik) pemilih pemula.

Kepala Disdukcapil Ciamis Yayan Muhamad Sopyan menyampaikan, pihaknya menargetkan pelayanan selesai di 152 sekolah pada akhir tahun ini.

Langkah ini ia ambil dalam upaya mendukung partisipasi aktif pemilih muda dalam proses demokrasi di masa depan.

Selain itu, ungkap dia, kegiatan ini sesuai dengan program Bupati Herdiat Sunarya yang menginginkan pelayanan pembuatan KTP elektronik dapat diakses dengan mudah oleh semua lapisan masyarakat.

Dengan menyasar sekolah-sekolah sebagai titik layanan, dia berharap proses pengurusan dapat lebih mudah diakses oleh mereka yang masih berstatus pelajar.

Yayan menegaskan, pihaknya mengaku merasa penting untuk memastikan bahwa generasi muda di Tatr Galuh ini memiliki akses yang mudah dalam mengurus administrasi kependudukan, terutama saat mereka memenuhi syarat untuk memiliki E-KTP.

“Kami melakukan pendataan dan perekaman bagi pemilih pemula. Dilakukan secara jemput bola ke sekola-sekolah. Program ini sebagai wujud mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Yayan.

Dia menegaskan bahwa program jemput bola ke sekolah ini harus berjalan dengan baik, walaupun dengan kondisi anggaran yang minim.

“Maksud anggaran minim ini yaitu ada operasional yang secukupnya. Tapi meseki begitu, kami tetap bekerja dengan maksimal. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis ingin, proses pembuatan dan rekam EKTP ini lebih mudah dan nyaman,” beber dia.

Selain melaksanakan perekamam EKTP. Disdulcapil Ciamis juga memberikan panduan yang jelas terkait dengan Identitas Kependudikan Digital (IKD) atau KTP digital.

“Jadi pelaksanaanya bukan hanya perekaman EKTP, kami pun memandu para pemilih pemula ini untuk membuat IKD,” kata Yayan.

Program ini tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan E-KTP bagi pemilih pemula, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki identitas kependudukan resmi.

Menurut Yayan, dengan lebih banyak pemilih pemula yang memiliki E-KTP, maka harapannya ada peningkatan partisipasi dalam proses pemilihan. Juga memperkuat fundamental demokrasi di tingkat lokal.

Disdukcapil Kabupaten Ciamis berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam memastikan partisipasi generasi muda dalam proses demokrasi.

Serta, lanjutnya, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki identitas kependudukan yang sah.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler