Sabtu, Juni 3, 2023

Disnakkan Ciamis Beri Layanan Terbaik, Buka Klinik Hewan di Acara Ngarak Pataka

Ciamis, Jabarupdate: Dinas Peternakkan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis beri layanan terbaik kepada masyarakat di Tatar Galuh ini.

Salah satu cara mereka agar warga pemilik hewan ternak dapat pelayanan secara maksimal adalah dengan membuka klinik di lokasi Ngarak Pataka.

Kegiatan yang digelar di Lapang Desa Maralaya, Kecamatan Tambaksari, Sabtu (20/5/2023), itu merupakan rangkaian Hari Jadi ke-381 Kabupaten Ciamis.

“Kami membuka layanan klinik hewan secara mobile di lokasi Ngarak Pataka untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat,” ujar Kepala Disnakkan Kabupaten Ciamis Syarif Nurhidayat.

Menurut dia, dengan adanya layanan klinik hewan secara mobile ini warga di sekitar Kecamatan Tambaksari bisa memeriksakan hewan peliharaannya.

Tak hanya itu, masyarakat pun bisa konsultasi mengenai kesehatan hewan peliharaan di layanan mobile tersebut.

Ditambahkan Kepala Bidang Keswan Kesmavet Disnakkan Ciamis drh Asri Kurnia bahwa ada beberapa pelayanan yang diberikan. Yakni pemeriksaan kesehatan hewan dengan pengobatan, vaksin rabies, vaksin lengkap untuk kucing maupun anjing.

Selain itu, pihaknya juga membuka tindakan bedah yaitu, luka trauma, pemasangan kateter dan steril.

Hanya saja, lanjut Asri, untuk pelayanan vaksinasi lengkap dan tindakan bedah warga mesti menyesuaikan jadwal dengan membuat perjanjian dan kesepakatan bersama dokter hewan.

Dia melanjutkan, selain buka pelayanan klinik hewan mobile di sejumlah wilayah, Disnakkan Ciamis juga membuka pelayanan di kantor setiap Senin-Kamis guna beri layanan terbaik kepada masyarakat.

Pelayanan ini dibuka mulai pukul 08.00-12.00 WIB, lokasi di Kantor Disnakkan Ciamis Jalan Yos Sudarso.

Namun, apabila di hari tersebut ada pelayanan secara mobile, semua tim klinik hewan Disnakkan Ciamis terjun langsung.

Dengan begitu, akan ada pemberitahuan bahwa klinik hewan tutup karena tim pelayanan sedang ke lapangan.

“Seperti pada Rabu kemarin, klinik di kantor tutup. Karena kami membuka layanan mobile dalam rangka hari jadi Ciamis. Seluruh tim terjun ke lapangan,” jelas dia.

Sekadar informasi, untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan, sebaiknya dalam jangka 1 bulan minimal harus memeriksakannya ke klinik.

Tetapi, itu pun jika ada hal yang serius yang harus ditangani dokter hewan, selain daripada itu bisa dilakukannya di rumah.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img