Jumat, Juli 19, 2024

Dukung Kesehatan Masyarakat, Astra Financial Resmikan Pustu Terintegrasi di Pandeglang

Nasional, Jabarupdate: Astra Financial bersama dengan delapan unit bisnisnya, Kementerian Kesehatan, dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang meresmikan program Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) di Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakuluran, Kecamatan Koroncong, Pandeglang, Banten.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan fasilitas dan layanan kesehatan bagi lebih dari 2.500 masyarakat di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Pandeglang, Eniyati, yang mewakili Bupati Pandeglang, Irna Narulita, menyampaikan apresiasi atas langkah Astra Financial.

“Di Kabupaten Pandeglang, langkah Astra Financial ini merupakan suatu pilot project dan dinilai mendahului program yang sama di Kabupaten Pandeglang. Kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas langkah dan program Astra Financial bersama unit bisnisnya yang telah membantu Pustu Pakuluran di Pandeglang,” ungkap Eniyati.

Pustu Pakuluran menjadi yang pertama di Pandeglang yang terintegrasi dengan program ILP, diikuti oleh dua Pustu lainnya yang sedang ditransformasi oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Program ini mencakup revitalisasi fasilitas pelayanan kesehatan dan pelatihan serta pendampingan kader kesehatan.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Eniyati dan Hugeng Gozali, Direktur Astra Financial, yang disaksikan oleh dr. Niken Wastu Palupi, M.K.M., Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dr. Niken Wastu Palupi menyatakan bahwa program ILP merupakan bagian dari enam pilar transformasi layanan kesehatan di Indonesia dan berharap Pustu Pakuluran dapat menjadi contoh bagi integrasi layanan kesehatan primer di wilayah lainnya.

“Program ILP adalah salah satu dari enam pilar transformasi layanan kesehatan di Indonesia. Harapannya, Pustu Pakuluran yang terintegrasi ILP di Pandeglang dapat menjadi contoh untuk menguatkan sinergi antar lembaga dalam menguatkan layanan kesehatan primer yang lebih baik ke depannya,” ujar dr. Niken.

Langkah Nyata Astra Financial dalam CSR

Program ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Astra Financial yang sejalan dengan Aspirasi Keberlanjutan Astra 2030.

Dalam hal ini, Astra Financial berfokus pada empat pilar kontribusi sosial: kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan.

Hugeng Gozali menegaskan komitmen Astra Financial untuk terus berkontribusi dalam bidang kesehatan.

“Dengan adanya layanan kesehatan yang terintegrasi, harapannya dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan untuk seluruh masyarakat di Desa Pakuluran beserta tiga desa lainnya di Kecamatan Koroncong,” jelasnya.

Program ILP dibagi menjadi dua kegiatan utama: revitalisasi Pustu yang diintegrasikan dengan layanan kesehatan dari lima Posyandu di Desa Pakuluran, serta pelatihan dan pendampingan kader pelayanan kesehatan.

Revitalisasi ini meliputi renovasi bangunan puskesmas, penyerahan bantuan alat kesehatan, dan peningkatan sarana serta prasarana dasar.

Selain itu, sebanyak dua kader Puskesmas dan 24 kader Posyandu akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan selama satu tahun untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menjalankan program ILP.

Pelatihan yang diberikan mencakup ‘Pelatihan Intervensi Gizi’ dan ‘Pelatihan 25 Kompetensi Dasar Kader’.

Astra Financial sebelumnya juga telah melaksanakan berbagai kegiatan CSR di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan, termasuk pembinaan posyandu di Jakarta dan program peduli stunting di Sumba Barat Daya.

Dengan diresmikannya Pustu Pakuluran yang terintegrasi ILP, Astra berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Pandeglang dan sekitarnya.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler