Senin, Mei 27, 2024

Gerhana Matahari Cincin Api 14 Oktober 2023 Dapat Disaksikan Melalui YouTube

Global, Jabarupdate: Tepat pada tanggal 14 Oktober 2023 di sebagian wilayah di Bumi terjadi Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin Api. Namun, fenomena ‘Ring of Fire’ Solar Eclipse atau Annular Solar Eclipse ini hanya bisa wilayah Amerika.

Dilansir dari Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat, NASA, Gerhana ini akan melewati belahan Bumi bagian barat. Meliputi Amerika Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

“Hanya melintasi Amerika Utara, Selatan, dan Tengah. Membuat orang di bagian Barat saja yang bisa menyaksikan,” tulis NASA di laman resminya.

Menurut NASA, gerhana berada pada jalur dengan lebar 118 sampai 137 mil (190 hingga 220 kilometer). Jalur tersebut melewati Amerika Serikat bagian barat dan menuju Meksiko, Amerika Tengah, dan hanya sebagian Amerika Selatan.

Sementara itu, NASA mengungkapkan bahwa fenomena Gerhana Matahari Cincin Api pada tanggal 14 Oktober 2023 ada 8 negara bagian di Amerika Serikat (AS) yang akan terlewati.

Diantara dari 8 negara tersebut adalah Oregon Selatan, California Timur Laut, Nevada Utara, Utah Selatan, Colorado Barat Daya, Arizona Timur Laut, Meksiko Baru, Texas.

Untuk melihat fenomena tersebut, diperlukan kaca mata khusus karena gerhana matahari tetap berbahaya untuk penglihatan.

Walaupun di tidak bisa disaksikan oleh warga masyarakat Indonesia, namun fenomena tersebut bisa disaksikan secara langsung melalui akun YouTube resmi NASA.

Berikut link live streaming Gerhana Matahari Cincin Api

Sabtu, 14 Oktober 2023 pukul 22.30 WIB live di YouTube NASA.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler