Jumat, Februari 23, 2024

Google Doodle Rayakan Tiga Tahun Danau Toba Sebagai Global Geopark

RAGAM, Jabarupdate: Google Doodle menampilakan wajah baru hari ini, Kamis (31/08/2023), dengan menampilkan ilustrasi keindahan Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara.

Ketika laman utama pencarian pada google dibuka, pesona danau toba diperlihatkan oleh google doodle. Dengan judul “Merayakan Danau Toba”.

Google merayakan Danau Toba yang ke tiga tahun setelah ditetapkannya sebagai Global Geopark UNESCO.

“Doodle hari ini merayakan Danau Toba yang ke tiga tahun ditetapkannya UNESCO sebagai Global Geopark yang berada di pulau Sumatera, Indonesia,” tulis Google dalam akun resminya.

Diketahui pada tanggal 31 Agustus 2020, Danau Toba resmi ditetapkan sebagai Global Geopark Unesco.

Pada tahun 2020, dilansir dari situs Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI), Danau Toba ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Dikutip dari situs resmi google, bahwa Danau Toba adalah salah satu danau kawah terbesar dan terdalam di dunia.

Danau Toba menjadi tujuan wisata super prioritas dan telah mendapatkan sertifikasi kelas dunia dari UNESCO.

Dinobatkannya Danau Toba oleh UNESCO sebagai Global Geopark pada Majelis Dewan Eksekutif UNESCO ke-209 di Paris, Prancis, 2 Juli 2020.

Kini Danau Toba berhasil terdaftar di UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh Dewan Geopark Global UNESCO dalam Konferensi Internasional Geopark Global UNESCO IV di Nusa Tenggara Barat, Indonesia, pada tahun 2019.

Terbentuknya Danau Toba hasil dari letusan dahsyat gunung berapi Kaldera Toba. Danau ini menawarkan keindahan yang dapat memikat banyak warga sekitar dan turis dari berbagai dunia.

Mengutip dari situs google, Kaldera Toba meletus lebih dari 74.000 tahun yang lalu, menyebabkan ruang magma gunung berapi runtuh, dan akhirnya membentuk sebuah pulau yang sekarang dikenal sebagai Pulau Samosir.

Sementara itu, Danau Toba terletak 900 meter di atas permukaan laut. Dan menjadi rumah bagi dua kelompok suku etnis asli, yaitu Tomok dan Simanindo.

Hal yang menarik dari Danau Toba ini, terdapat puluhan air terjun di sekelilingnya, diantaranya air terjun Situmurun, Sipiso-piso, Sigura-gura dan yang lainnya.

Ditetapkannya Danau Toba sebagai bagian dari Global Geopark UNESCO, semakin membuat dia terkenal di tingkat internasional. Di sisi lain, mampu membawa manfaat bagi masyarakat setempat.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler