Sabtu, Februari 24, 2024

Gubernur Jabar Berhasil Tanam dan Pelihara 50 juta Pohon Selama Lima Tahun

JAWA BARAT, Jabarupdate: Selama lima tahun memimpin Jawa Barat, pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum membuat gerakan Tanam dan Pelihara 50 juta pohon.

Jumlah pohon yang ditanam selama lima tahun tersebut mencapai 83.066.777 bibit atau lebih dari 166 persen target capaian.

Dari data tersebut, tercatat 81.000 lahan di Jawa Barat yang statusnya kritis kini kembali hijau.

Keberhasilan program tersbut disampaikan oleh Kang Emil dalam acara West Java Forest Festival 2023 yang digelar di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda, Kabupaten Bandung pada Minggu (20/08).

“Rumusnya begini, jika ada masyarakat yang merasa bahagia, sumbang pohon. Ada yang ulang tahun nyumbang satu pohon, menikah sepuluh pohon, membangun rumah atau bangunan lain 1.000 pohon,” ungkap Kang Emil.

Dengan begitu, Kang Emil menyebutkan jika seluruh masyarakat akan berlomba-lomba ikut menanam pohon.

Dalam acara tersebut, Ridwan Kamil melepasliarkan lima ekor rusa untuk dikembangkan sebagai fungsi mengembalikan fungsi ekologi Tahura.

“Di gelombang pertama, kita lepaskan lima ekor rusa. Nanti InsyaAllah akan ada gelombang berikutnya,” tutur Kang Emil.

Selain itu, Kang Emil melaporkan capaian selama lima tahun dirinya menjabat sebagai gubernur Jawa Barat yang menggenjot pembangunan infrastruktur tetap memperhatikan sektor pertanian.

“Hal itu terbukti dengan jumlah areal panen yang bertambah seluas 60.000 ha,” ungkapnya.

Sementara itu, Bambang Supriyanto selaku Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PKL) Kementerian LHK mengapresiasi kegiatan West Java Forest Festival 2023.

Bambang menuturkan jika kegiatan tersebut sejalan dengan program KLHK dalam menyusun kegiatan promosi pencapaian kegiatan kehutanan sebagai cara untuk meningkatkan wawasan masyrakat.

“Untuk peningkatan wawasan masyarakat tentang pentingnya fungsi hutan, produksi hutan unggulan, peningkatan nilai tambah hasil hutan, dan hasil hutan Lestari,” ungkapnya.

Karena keberhasilan Pemprov Jabar dalam penghijauan, Bambang mengundang Pemprov untuk ikut memeriahkan Festival Hutan Lestari yang akan diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta pada September mendatang.

Dalam kegiatan West Java Forest Festival 2023 ada peluncuran maskot baru Tahura yaitu Minta (Monyet Tahura) yang dipilih dari lomba desain logo dan maskot Tahura.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler