Sabtu, Juli 20, 2024

Hati-Hati Saat Membeli Kosmetik, Beberapa Ciri Seseorang Alergi Kosmetik

Editor:Hilmi

Ragam, Jabarupdate: Hati-hati saat membeli kosmetik karena menyebabkan iritasi. Namun, sebelum iritasi biasanya ada ciri seseorang yang mengalami alergi kosmetik.

Seseorang mengalami iritasi kosmetik terlihat saat seseorang mengalami gatal-gatal dan kemerahan. Tidak hanya itu, bisa saja disertai dengan kulit kering hingga terkelupas.

Kondisi ini bisa saja dialami setelah memakai berbagai produk kosmetik yang mengandung alergen baru pertama kali memakai kosmetik. Termasuk makeup, serum, toner, sabun mandi, lotion badan, dan parfum.

Melansir dari laman kesehatan, ternyata ada ciri-ciri seseorang yang mengalami alergi kosmetik.

Sebagian kosmetik pasti ada beberapa yang memiliki kandungan pemutih kulit. Padahal, kandungan pemutih menyebabkan alergi.

Salah satu kandungan yang dapat memicu alergi adalah hidroquinon. Sementara itu, pemicu alergi lainnya dapat disebabkan oleh fragrance tertentu, paraben, dan benzoil peroksida.

Perlu dipertegas alergi kosmetik bisa dialami siapa pun. Meski setiap orang belum tentu mengalami gejala alergi kosmetik yang sama, tetapi ini beberapa ciri-ciri yang umum terjadi.

*Kulit Mudah Terkelupas*

Ketika menggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan wajah, tentu bisa memengaruhi tekstur dari kulit wajah hingga membuatnya terkelupas. Umumnya, wajah akan terasa sangat perih dan kulit mudah terkelupas.

Gatal-gatal

Ciri lain apabila seseorang alergi terhadap kosmetik, yakni mengalami gatal-gatal di area wajah. Biasanya tubuh akan merespons ketika produk kosmetik tidak cocok digunaka. Seperti, munculnya keluhan gatal-gatal di bagian kulit tertentu.

Ruam

Saat seseorang tidak cocok menggunakan produk kosmetik tertentu, memiliki ciri-ciri
ruam kulit. Ruam kulit ini dapat ditandai dengan munculnya kemerahan, pembengkakan, dan sensasi terbakar pada kulit wajah.

Wajah Mulai Membengkak

Saat merasakan wajah mulai membengkak, bisa jadi wajah mengalami alergi kosmetik.
Gejala ini bermula dari kulit yang terasa gatal dan berubah menjadi kemerahan.

Tidak lama kemudian, wajah akan terasa bengkak hingga iritasi di beberapa bagian wajah, terutama sekitar mata, pipi, dan bibir.

Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk teliti melihat kandungan dalam produk kosmetik. Hal ini untuk mencegah alergi dan iritasi pada wajah.

Apabila masih bingung untuk memilih produk kosmetik, tentu saja dapat mencari tahu dahulu kandungan yang ada pada kosmetik.

Tidak hanya itu, berkonsultasi ke dokter kulit atau dokter kecantikan sangat disarankan agar mendapatkan rekomendasi produk yang sesuai dengan kondisi kulit.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler