Kamis, Juni 20, 2024

Indonesia Mulai Isi Pundi-pundi Medali di Asian Games ke-19 Hangzou

Editor:Dodi S

Olahraga, Jabarudpate: Pada tanggal 24 September 2023, Indonesia mampu mengumpulkan 3 medali perunggu dalam ajang Asian Games 2023 dari cabang olahraga Dayung dan 1 medali perak dari cabang olaharaga Wushu.

Pasangan Chelsea Corputty dan Putri Mutiara Rahma menyumbangkan medali perunggu pertama bagi Indonesia dari cabor Dayung, Light Weight Double Sculls putri. Pertandingan yang berlangsung di Fuyang Water Sports Centre ini berakhir dengan China yang keluar sebagai juara pertama dan Usbekistan yang berhasil meraih medali perak.

Masih dari cabang olahraga dayung dengan nomor yang berbeda, yakni Double Sculls putra, pasangan Ihram/Memo juga berhasil menorehkan medali bagi Indonesia. Finish di urutan ketiga setelah China dan Uzbekistan, Indonesia harus puas dengan perolehan medali perunggu di nomor tersebut.

Selanjutnya, pundi-pundi medali terisi dari cabang olahraga Dayung, Eight putra. Tim yang diperkuat Rifqi Harits, Kakan Kusmana, Sulpianto, Rendi Setia Maulana, Asuhan Pattiha, Ferdiansyah, Denri Maulidzar Al Ghiffari, Ardi isadi, dan Ujang Hasbulloh ini juga berakhir di posisi ketiga, dan menaiki podium untuk membawa medali perunggu.

Dari cabang olahraga lain, yaitu Wushu, Edgar Xavier Marvelo berhasil memberikan medali perak pertama untuk Indonesia dari nomor Changquan putra. Berlangsung di Xiaoshan Guali Sports Centre, Edgar telah berusaha sekuat tenaga untuk meraih medali emas, tetapi Ia harus mengakui keunggulan atlet China, Sun Peiyuan.

Dengan perolehan 4 medali ini, Indonesia menduduki peringkat ke-8 Asian Games ke-19 Huangzou per tanggal 24 September 2023. Sementara itu, sang Tuan Rumah bertahta di urutan pertama klasemen dengan raihan 15 medali emas, 5 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Posisi kedua dan ketiga diisi oleh Korea Selatan dengan total perolehan 10 medali dan Jepang dengan koleksi 9 medali.

Sementara itu, di cabang olahraga kesukaan Indonesia, yakni sepak bola, timnas berhasil lolos ke babak 16 besar. Meskipun hanya finish di urutan ketiga setelah dikalahkan 1‐0 oleh Korea Utara, Indonesia terpilih sebagai peringkat 3 terbaik dan berhak memasuki babak 16 besar.

Dalam penentuan peringkat 3 terbaik ini, hasil pertandingan melawan tim peringkat terakhir di di masing-masing grup tidak akan dihitung. Hal ini karena ada grup yang anggota nya cuman 3 tim, sementara grup-grup lain 4 tim. Biar adil, maka hasil lawan tim peringkat 4 tidak dihitung.

Dalam babak 16 besar nanti, kemungkinan besar Indonesia akan menghadapi Uzbekistan atau Hongkong

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler