Jabar Raih Prestasi, Terbaik dalam Kompetisi PPD 2022

Jabar raih prestasi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Hadir di Musrenbang Nasional/Dokumentasi Humas Provinsi Jawa Barat

Jawa Barat: Provinsi Jabar berhasil raih prestasi, mendapatkan penghargaan terbaik dalam kompetisi Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 tingkat nasional.

Penghargaan yang diberikan menandakan bahwa Jabar ini memiliki proses pembangunan daerah berkualitas yang sudah ditetapkan secara nasional.

Menurut Sumasna, penghargaan ini sebagai ajang evaluasi kreatif serta apresiasi kerja untuk Pemda di kabupaten/kota yang telah melaksanakan pembangunan berkualitas sesuai target.

“Kami mengapresiasi kepada Pemda Provinsi dan kabupaten/kota yang telah menyiapkan dokumen perencanaan dengan lebih baik, inovatif, terukur, komprehensif dan konsisten,” ungkap Kepala BPPD Provinsi Jabar itu kepada media di Kota Bandung, pada Kamis (28/4/2022) lalu.

Ia menambahkan, ada dua alasan mengapa Jabar mendapatkan penghargaan terbaik dalam perencanaan pembangunan dari Bappenas RI ini.

ISebagaimana yang disampaikan oleh Bappenas RI, lanjut dia, alasan yang membuat Jabar mendapatkan prestasi adalah membaiknya IPM dari berbagai kebijakan daerah.

Serta perencanaan tahun 2022 yang memuat strategi khusus penanganan Covid-19. Keduanya memanfaatkan sistem informasi.

Selain itu, Provinsi Jabar pada tahun 2022 telah merencanakan inovasi Sistem Informasi Manajemen Talenta Jabar Juara (Sim Jawara), untuk ASN dengan basis meritokrasi.

Adanya perencanaan perencanaan Sim Jawara membuat Jawa Barat mendapatkan nilai tertinggi sebagai instansi yang menerapkan Sistem Merit pada tahun 2020 oleh Komisi ASN.

Kemudian Jabar mengusung inovasi program unggulan, yaitu investasi juara. Perencanaan ini memuat inisiatif strategis dalam segi penanaman modal dan perizinan.

Inovasi ini mencakup West Java Investment Hub dan West Java Invesment Submit.

Menurut Sumasna, program unggulan dan inovasi yang diusung oleh Jabar sangat sesuai dan memiliki hubungan dengan Tema Rencana Kerja Pemerintah pada tahun 2022.

“Seperti yang kita ketahui, tema dari Rencana Kerja Pemerintah pada tahun 2020 adalah Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural. Tentu dengan tema ini, program inovasi pembangunan yang kita usung sangat relevan,” ucap Sumasna.

Ia berharap, dengan Jabar raih prestasi dari Bappenas RI tidak serta merta merubah tujuan pembangunan daerah, dan menyejahterakan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
Jubir PSI Sigit Widodo

Jubir PSI Sigit Widodo Tuding Anies Bagikan Kaos Kampanye

Next Article
Presiden Joko Widodo Ucapkan

Presiden Joko Widodo Ucapkan Selamat Idulfitri

Related Posts
Total
0
Share