Sabtu, Juni 22, 2024

‘Jebol’ Disdukcapil Ciamis: Sambangi Warga Disabilitas untuk Layanan Adminduk

Ciamis, Jabarupdate: Melalui program “Jemput Bola (Jebol) Layanan Adminduk”, Dinas Kependuduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ciamis menyambangi rumah warga disabilitas.

Mereka aktif menjangkau masyarakat berkebutuhan khusus untuk memfasilitasi kebutuhan administrasi mereka.

Langkah proaktif dari Kepala Disdukcapil Yayan Muhamad Sopyan ini untuk mendekatkan layanan administrasi kependudukan ke rumah warga disabilitas.

Sebelumnya Kepala Disdukcapil menjelaskan, kunjungan langsung ini menjadi upaya nyata dalam memastikan bahwa hak setiap warga, termasuk yang memiliki keterbatasan fisik atau mental, terpenuhi dalam hal administrasi kependudukan.

Dalam kunjungan tersebut, petugas Disdukcapil Ciamis tidak hanya memberikan pelayanan, tetapi juga memberikan edukasi tentang pentingnya dokumen kependudukan dan hak-hak yang melekat pada setiap individu.

Jebol Disdukcapil Ciamis adalah komitmen untuk memastikan bahwa tidak ada warga yang tertinggal dalam akses terhadap layanan administrasi kependudukan.

Dengan mengunjungi langsung warga disabilitas, Yayan berupaya untuk memudahkan mereka dalam proses mendapatkan dokumen yang diperlukan tanpa harus kesulitan datang ke kantor.

“Dengan mendatangi mereka di tempat tinggal, kami berharap dapat menciptakan lingkungan dan memberikan layanan yang lebih ramah terhadap kebutuhan khusus warga disabilitas,” kata dia.

Ia menegaskan, upaya ini juga merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk menciptakan aksesibilitas yang lebih besar bagi semua kalangan masyarakat.

Kabupaten Ciamis telah menunjukkan komitmen tinggi untuk meningkatkan akses layanan bagi warga disabilitas.

Yayan telah memfokuskan upaya mereka untuk memastikan layanan mereka dapat dijangkau dengan mudah oleh semua lapisan masyarakat, termasuk individu dengan kebutuhan khusus.

Melalui serangkaian inisiatif baru, Disdukcapil Ciamis menyesuaikan infrastruktur, prosedur, dan pelatihan pegawai mereka untuk mengakomodasi kebutuhan warga disabilitas.

Salah satu langkah kongkrit yang diambil adalah penyediaan fasilitas aksesibilitas yang memadai, seperti ramah difabel dan perangkat bantu yang diperlukan di kantor-kantor mereka.

Program “Jemput Bola Layanan Adminduk” ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan sebagai langkah progresif dalam menciptakan kemudahan bagi semua lapisan masyarakat.

Pendekatan ini tidak hanya mengurangi hambatan akses fisik, tetapi juga memberikan kepercayaan diri kepada warga disabilitas untuk terlibat secara penuh dalam kehidupan masyarakat.

Upaya ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengimplementasikan pendekatan serupa dalam memberikan layanan publik yang inklusif dan merata.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler