Minggu, April 14, 2024

Jelang Hari Rabies Sedunia, Disnakkan Ciamis Siapkan 700 Vaksin Gratis

Ciamis, Jabarupdate: Dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia yang akan jatuh pada 28 September mendatang, Disnakkan Kabupaten Ciamis menyiapkan 700 vaksin rabies secara gratis untuk masyarakat.

Tindakan ini diambil sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit rabies yang masih menjadi masalah serius di beberapa daerah.

Plt Kepala Disnakkan Ciamis, Dr. Ani Supiani menyatakan bahwa betapa pentingnya kesadaran akan risiko rabies dan vaksinasi ini.

Menurut dia, Rabies adalah ancaman serius bagi kesehatan manusia dan hewan peliharaan. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk memerangi penyakit ini dengan menyediakan vaksin secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Antisipasi terjadinya wabah penyakit Rabies terhadap hewan peliharaan, kami pun akan terjun langsung ke tengah masyarakat untuk melakukan vaksinasi,” ujar dia pada Jumat (15/9/2023).

Vaksinasi rabies gratis ini akan tersedia di Taman Situs Jambansari pada Hari Rabies Sedunia tersebut. Masyarakat diharapkan untuk mengikuti program vaksinasi ini dan membawa hewan peliharaan mereka untuk divaksin.

“Bagi pemilik Anjing, Kucing maupun Monyet. Kami mohon untuk kerjasamanya. Mari melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaannya itu,” kata Ani.

Selain itu, Disnakkan Ciamis juga akan mengadakan kampanye penyuluhan mengenai rabies dan pentingnya vaksinasi.

Kampanye ini akan melibatkan petugas kesehatan hewan yang akan memberikan informasi kepada masyarakat tentang cara melindungi diri dan hewan peliharaan mereka dari rabies.

“Ada tim teknisnya dari Disnakkan Ciamis. Mereka bersama UPTD yang ada di wilayah akan mendatangi semua pemilik hewan peliharaan. Guna melakukan vaksinasi,” kata dia.

Program ini merupakan salah satu langkah proaktif Disnakkan Ciamis dalam menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah penyebaran penyakit rabies yang mematikan.

Ia berharap, program di Hari Rabies Sedunia itu akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi rabies.

Masyarakat Kabupaten Ciamis diundang untuk mengikuti program vaksinasi rabies gratis ini pada tanggal 28 September dalam rangka Hari Rabies Sedunia.

Dengan tindakan ini, Disnakkan Ciamis berharap dapat mengurangi risiko rabies di wilayah mereka dan menjaga kesehatan masyarakat dan hewan peliharaan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler