Rabu, Juli 17, 2024

Jelang HUT ke 382, Pemkab Ciamis Gelar Ziarah Makam Raja-Raja Galuh

Ciamis, Jabarupdate: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melalui Disbudpora melaksanakan ziarah ke makam raja-raja Galuh jelang HUT Ciamis ke 382.

Diketahui dikegiatan tersebut, langsung di pimpin Pj Bupati Ciamis, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), beserta jajaran Pemkab, dan Forkopimda Ciamis.

Kegiatan ziarah ke makam-makam leluhur ini, merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-382, yang berlokasi di 6 titik diantaranya;

1. Ziarah ke makam Raden Arya Panji Jayanegara – Ciwahangan, Imbanagara

2. Ziarah ke makam Raden Tumenggung Wiradikusumah – Cigadung, Imbanagara

3. Ziarah ke makam Raden Adipati Adikusuma – Gunung Galuh, Sindangrasa

4. Ziarah ke makam Raden Adipati Kusumadiningrat – Jambansari, Ciamis

5. Ziarah ke makam Raden Adipati Kusumabrata – Sukasirna

6. Ziarah ke makam Adipati Singacala – Astana Gede, Kawali.

Di sela-sela kegiatan, Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna menyampaikan pesan bahwa, ziarah ke makam-makam leluhur Bupati Galuh Ciamis terdahulu,  merupakan momentum untuk lebih jauh belajar tentang sejarah.

“Selain menghormati para leluhur kita, sisi lain bagi saya yang orang baru di Ciamis, untuk lebih jauh belajar sejarah tentang Ciamis,” ungkap Engkus, Senin (10/06/2024).

Menurutnya, bahwa Kawali dengan Astana Gede itu merupakan cikal bakal Ciamis, dan bahkan ada kaitannya dengan Kerajaan Pajajaran.

“Mudah-mudahan hal yang bersifat positif, saya bisa mencontohnya. Misalkan akan kepahlawanannya, perjuangannya. Sehingga kalau dulu Galuh itu pernah jaya, Ciamis juga harus jaya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, HUT Ciamis ke 382, jatuh pada tanggal 12 Juni tahun 2024, lebih tepatnya tanggal 12, Kabupaten Ciamis akan merayakan hari jadinya yang ke-382. Ada acara pokok serta rangkaian acara hiburan, yang pastinya akan memeriahkan HUT Ciamis.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler