Sabtu, Juni 3, 2023

Jelang Lebaran, Disnakan Ciamis Pastikan Stok Daging Sapi dan Ayam Aman

Ciamis, Jabarupdate: Menjelang Idul Fitri 1444 H atau lebaran, ketersediaan atau stok daging ayam maupun sapi di Kabupaten Ciamis dipastikan aman.

Dinas peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ciamis sudah memastikan bahwa komoditi ternak di Tatar Galuh ini tak akan kurang.

“Ketersediaan komoditi seperti daging Ayam, Telur Ayam, dan Daging Sapi dipastikam semua persediaannya terjamin aman,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Ikan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan dan Perikanan Disnakan Ciamis drh Asri Kurnia.

Ia mengungkapkan, selama Ramadan ini, jumlah kebutuhan konsumsi komoditi tersebut cenderung meningkat. Apalagi Idul Fitri nanti

“Saat Ramadan, tentu saja, umat Muslim berpuasa. Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman. Hanya saja, konsumsi daging meningkat,” ujar dia.

Dia mengungkapkan, untuk ketersediaan daging ayam di Kabupate  Ciamis selama Ramadan yakni 29.972.047 kilogram (Kg).

Sementara, untuk kebutuhan menjelang dan selama Ramadan ini ada di angka 12.515.559 Kg.

Ia memperkirakan, kebutuhan untuk Idul Fitri nati sekitar 13.487.421 Kg.

Sementara itu, ketersediaan telur ayam selama Ramadan sebesar 4.014.400 ton. Dan untuk kebutuhan di angka 2.445.164 ton.

Lalu, jika perhitungan kebutuhan hari raya Idul Fitri nanti sebanyak 2.448.784 ton.

Selanjutnya, untuk ketersediaan daging sapi. Selama Ramadan ini 107.484 Kg. Dan kebutuhan menjelang dan selama Ramadan sebanyak 52.076 Kg.

Dan diperkirakan, kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri sebanyak 102.366 Kg.

Dia memastikan bahwa ketersediaan atau stok untuk daging ayam maupun daging sapi masih aman.

Untuk Idul Fitri, lanjut dia, kebutuhan semakin meningkat lantaran adanya peningkatan pemudik datang ke Tatar Galuh ini.

Ia menyampaikan bahwa untuk kebutuhan komoditi itu di Kabupaten Ciamis masih disuplai dari daerah lain, sekitar 70 persen. Produksi di Ciamis sekitar 30 persen.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img