Kamis, Juli 18, 2024

Jumlah Hewan Kurban di Kota Bandung Meningkat

Editor:Hasby Agni

Kota Bandung, Jabarupdate: Gin Gin Ginanjar selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian (DKPP) Kota Bandung memprediksi bahwa ada peningkatan jumlah hewan kurban yang disembelih saat perayaan Idul Adha di Kota Bandung pada tanggal 17 Juni, 2024. Jumlah hewan kurban pada tahun 2023 berada di sekitar angka 12.000, sedangkan tahun ini hewan kurban berjumlah sekitar 13.701 ekor dengan rincian 7.455 ekor sapi dan 6.246 ekor domba atau kambing.

“Ini mengalami kenaikan sebesar 16,8 persen dibandingkan dengan tahun 2023 sekitar 12.000-an ekor,” ucap Gin Gin seteleah salat Idul Adha di Masjid Al-Ukhuwah, Kota Bandung, dilansir dari laman jabarprov.go.id.

Indikasi meningkatnya jumlah hewan kurban juga terlihat dari permohonan penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH). Tahun ini, pemotongan mencapai 400-an ekor, sedangkan tahun kemarin hanya mencapai angka 363 ekor.

“Pemotongan di RPH ini mengalami kenaikan. Tahun lalu sebanyak 363 ekor. Tahun ini menjadi 400-an ekor lebih,” lanjut Gin Gin.

Gin Gin juga menyampaikan bahwa daging kurban akan dibagikan oleh panitia sesuai data di setiap wilayah. Jadi, penerima atau mustahik tidak perlu mengambil daging kuraban ke tempat penyembelihan hewan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian tersebut memastikan bahwa kondisi hewan kurban relatif aman. Setelah melakukan pemeriksaan selama hampir 14 hari, tak ditemukan hewan kurban yang mengalami Penyakit Mulut Kaku (PMK) atau antraks.

“Setelah hampir 14 hari selama pemeriksaan ini, kondisi yang diperiksa relatif aman. Tidak ditemukan PMK (Penyakit Mulut Kaku), hingga penyakit antraks,” ujar Gin Gin.

“Jadi, panitia akan mendistribusikan kepada mustahik (penerima) untuk dibagikan sesuai data setiap kewilayahan. Jadi, tidak perlu penerima yang datang, tapi panitia yang mengedarkan,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian tersebut.

Hal terakhir yang disampaikan Gin Gin dalam wawancara tersebut adalah ia sudah memberi imbauan bahwa sebaiknya menggunakan kemasan lebih ramah lingkungan. Jadi, penggunaan kantong plastik sebagai wadah daging kurban harus bisa dihindari.

“Kami juga sudah mengimbau untuk menghindari penggunaan kantong plastik agar menggunankan tempat atau kemasan yang ramah lingkungan,” pungkas Gin Gin.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler