Jumat, Juni 21, 2024

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan President Jokowi

Editor:Nuryanti

Nasional, Jabarupdate: Kereta Cepat rute Jakarta-Bandung telah resmi beroprasi secara umum, setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Dilansirdari detikcom, peresmian berlangsung di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur pada Senin (2/10/2023) pukul 09.00 WIB.

Dihadiri langsung oleh Mentri BUMN Erick Thohir, Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, Mentri ATR/BPN Hadi Tjahjonto, Meseskab Pramono Anung, Mentri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua Wantimpres Wiranto dan sejumlah pejabat lainnya.

“Dengan ucapan bissmillahirohmannirrohim Kereta Cepat Jakarta Bandung, Whoosh saya nyatakan dibuka,” ucap Jokowi dalam peresmian. Presiden Jokowi menekan tombol dan mendatangani prasasti sebagai simbolik tanda telah diresmikan.

Adapun, beberapa anggota DPR ikut hadir dalam peresmian tersebut.

Terlihat Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurizal, Jaiziul Fawaid, Luluk Nur Hamidah, dari fraksi PPP Arsul Sani dan Amir Uskara.

Ada juga Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung (CT), Pj Gubernur DKI Heru Budi dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Izin pengoprasian Kereta Cepat Jakarta Bandung pun diterbitkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan No. 114 Tahun 2023 tentang Izin Pengoprasionalan PT Kereta Api Cepat Indonesia-China.

Plt Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) John Roberto, menyatakan tarif untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung kisaran Rp300.000 sampai Rp350.000. Itu pun untuk tarif termurah Ekonomi Premium.

Tarif Rp300.000 dari Stasiun Halim ke Stasiun Tegalluar. Sementara untuk tarif Rp350.000 tiket sistem bundling LRT Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Kereta Cepat Whoosh dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang, dilanjut ke Stasiun Hall Kota Bandung.

Setelah uji coba gratis selama 3 bulan kemarin, kini Kereta Cepat Jakarta Bandung dikenai tarif bagi pengguna masyarakat seluruh Indonesia.

“Nanti setelah Commercial Opration Date (COD) pasti berbayar, ditunggu saja,” ucap John.

Presiden Joko Widodo beraharap agar tiket Kereta Cepat dapat terjangkau oleh masyarakat. Jika bisa untuk awalan diberi diskon untuk menarik perhatian.

Adapun, KAI berperan sebagai bagian dari konsorsium KCIC. Operator Kereta Cepat Whoosh.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler