Masalah Belum Usai, Tri Suaka dan Zidan Ditagih Royalti oleh Para Musisi

Tri Suaka dan Zidan
Tri Suaka dan Zinidin Zidan/Tangkapan Layar YouTube

Ragam, JabarupdatePenyanyi Tri Suaka dan Zinidin Zidan ditagih royalti oleh sejumlah musisi atas cover lagu yang tak meminta izin.

Aksi penyanyi Tri Suaka beserta Zinidin Zidan yang memparodikan vokalis Kangen Band, Andika Mahesa malah berbuntut panjang.

Meskipun mereka sudah meminta maaf atas kecerobohannya itu, masalah lain kembali datang. Beberapa musisi yang merasa dirugikan oleh mereka ikut angkat suara.

Diketahui, Tri Suaka – Zinidin Zidan ini sering mengcover lagu-lagu milik musisi lain. Ternyata, dari beberapa lagu yang mereka cover itu tidak mengantongi izin.

Seperti Erwin Agam yang menciptakan lagu Emas Hantaran. Ia menagih royalti ke Tri Suaka.

Erwin mendapati keduanya membawakan lagu miliknya tersebut sebelum Tri mendapatkan hujatan soal parodi Andika Kangen Band.

Namun, ketika Erwin menghubungi manajemen Tri Suaka untuk berkomunikasi terkait royalti itu, tidak ada tanggapan. Pihak Tri dianggap memilih untuk mematikan monetisasi itu.

Video yang ditayangkan di YouTube itu awalnya dimonetisasi sehingga pengunggah mendapatkan keuntungan.

Erwin Agam menuliskan kekesalannya pada Tri Suaka beserta Zidan di halaman Facebook-nya.

“Satu lagi! Kalian gak bayar pemakaian lagu saya. (Lagu ciptaannya berjudul Emas Hantaran). Yang mencapai jutaan viewers,” tulis Erwin di Facebook, Minggu (24/4/2022).

Sementara itu, Arianto selaku Kuasa hukum Erwin Agam mengungkapkan, Erwin adalah salah satu pencipta lagu yang hits pada 2021. Bahkan, kata dia, lebih hits dari pada yang lain.

Hal tersebut ia ungkapkan kepada detik pada Rabu (27/4/2022), dikutip Jabarupdate, Kamis (28/4/2022).

Ternyata, lanjut dia, memang namanya pencipta atau pemilik karya seni biasanya senang kalau lagunya itu ‘booming.

Namun, ungkap Arianto, di pertengahan jalan lagu yang diciptakan Erwin banyak yang meng-cover. Setiap yang cover pun biasanya melakukan kerja sama, rata-rata penyanyi meminta izin kepada Erwin.

Namun sayangnya, Tri Suaka tidak meminta izin layaknya penyanyi yang lain. Meskipun bukan hanya Tri Suaka yang tidak meminta izin.

Arianto mengungkapkan, Tim Erwin Agam sempat kepada manajemen Tri Suaka via email, DM. Tapi, ternyata tidak ada tanggapan.

“Maksudnya (kirim email, DM) mau minta kerja sama. Kita carikan solusi. Biar dapat nilai. Dan kita pun sebagai pemilik mendapatkan juga dengan kerja sama. Tetapi tidak ditanggapi,” kata dia.

“Sudah sampai beberapa waktu nanya itu. Namun masih tidak ditanggapi. Sampai sekarang,” imbuhnya.

Ternyata Erwin Agam bukan satu-satunya musisi yang menagih royalti ke Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Ada band asal Yogyakarta, Ngatmombilung juga pernah menagih royalti ke dua penyanyi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
Semifinal Liga Champions

Semifinal Liga Champions, City Kontra Madrid Hujan Gol

Next Article
Tol Jakarta - Cikampek

Pada Jumat Dini Hari Arus Lalu Lintas Tol Jakarta - Cikampek Macet Parah

Related Posts
Total
1
Share