Jumat, Juni 21, 2024

Mengejutkan, Brazil Harus Kalah Di Laga Perdana Menghadapi Iran Dengan Skor 2-3

Olahraga, Jabarupdate: Salah satu wakil Asia, Iran, membuat kejutan dengan mengalahkan Brazil di laga pertama Piala Dunia U17 2023.

Juara bertahan Brazil mengawali kiprahnya di final Piala Dunia U17 2023 Indonesia melawan Iran.

Laga Brazil vs Iran hari pertama Grup C Piala Dunia U17 2023 berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (11 November 2023) malam WIB.

Tim Brazil U17 asuhan Phelipe Leal tampil dominan sejak awal. Pada 20 menit pertama, mereka melancarkan 4 tembakan namun tidak ada satupun yang tepat sasaran.

Dua bek asal Brazil, Pedro Lima dan Souza, rutin ikut menyerang mendekati kotak penalti untuk menyuplai bola kepada striker Kaua Elias yang diturunkan sebagai striker tunggal.

Setelah berupaya berkali-kali, Brazil akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-28 berkat pergerakan apik Rayan Vitor.

Berdiri tanpa pengawalan di luar kotak penalty, Rayan berhasil mnuntaskan skema sepak pojok. Saat menerima bola dari Lucas Camilo, ia langsung melancarkan tendangan melengkung dengan kaki kirinya yang membuat kiper lawan Arsha Shakouri tidak bisa menghalaunya.

Gol Rayan Vitor membantu Brazil menciptakan rekor bersejarah. Tim Samba menjadi tim pertama yang mencetak 200 gol di Piala Dunia FIFA U17. Catatan 200 gol menjadikan Brazil sebagai tim dengan gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia U17 yang pertama kali digelar pada 1985.

Brazil kemudian menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 setelah pemain Iran Abolfazl Zamani mencetak gol bunuh diri pada menit ke-45+2.

Setelah ketinggalan dua gol Brazil, Iran mencoba bangkit di babak kedua. Serangan Tim Melli membuahkan hasil pada menit ke-54.

Yaghoob Barajeh mencetak gol ke gawang Brazil untuk membantu Iran memperpendek skor menjadi 1-2.

Gol ini membangkitkan semangat para pemain Iran. Benar saja, tim asuhan Hossein Abdi kembali mencetak gol pada menit 69.

Pemain pengganti Kasra Taheri berhasil memaksimalkan umpan dari sayap kiri dengan langsung melakukan tembakan keras. Bola tidak bisa diantisipasi oleh Piala Gabriel dan masuk ke gawang.

Gol kedua Iran sebagai respons melemahkan pertahanan Brazil.

Tak lama setelah itu, gawang Phillipe Gabriel kembali dijebol. Pada menit ke-73, Esmaeil Gholizadeh mencetak gol ketiga untuk Iran sehingga membuat mereka berbalik unggul 3-2.

Iran telah memberi tekanan pada Brazil dengan berhasil mengembalikan keunggulan. Di sisa babak kedua plus pertambahan waktu, Kaua Elias dan anak asuhnya terus menggempur pertahanan lawan.

Namun, hingga wasit asal Honduras Selvin Brown meniup peluit akhir tanda berakhirnya pertandingan, tim asuhan pelatih Phelipe Leal tak mampu mencetak gol lagi.

Hasil akhir, juara bertahan Brazil kalah 2-3 dari Iran di hari pertama Grup C Piala Dunia U17 2023.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler