Kamis, Juni 20, 2024

Mengupas Calon Kuat Pendamping Herdiat Sunarya di Pilkada Ciamis 2024

Ciamis, Jabarupdate: Semakin hari, geliat Pilkada Ciamis 2024 semakin dinamis dengan berbagai opsi pasangan calon bupati mulai mengemuka.

Namun, sebagian pengamat menilai, aroma Pilkada di Ciamis lebih menyerupai Pilwakada (Pemilihan Wakil Kepala Daerah).

Diskusi di berbagai ruang dan obrolan di ‘warung kopi’ lebih banyak membicarakan siapa yang akan mendampingi Herdiat Sunarya daripada siapa yang akan menjadi rivalnya.

Herdiat Sunarya, yang menjabat sebagai Bupati Ciamis periode 2019-2024, tetap menjadi figur paling dominan.

Popularitas dan prestasinya membuat pasangannya pada periode sebelumnya, Yana D Putra, lebih memilih tetap mendampingi Herdiat ketimbang menjadi lawannya.

Beberapa nama selain Yana D Putra mulai muncul dan ditawarkan ke publik sebagai calon potensial pendamping Herdiat Sunarya.

Wakil Ketua DPD Demokrat Jawa Barat, Sopwan Ismail, mengakui bahwa perbincangan mengenai calon wakil bupati lebih intens daripada calon bupati yang akan menantang Herdiat.

Sopwan menyebutkan, nama Yana D Putera, Wakil Bupati periode 2019-2024, disebut-sebut akan kembali mendampingi Herdiat dalam gerakan HY Jilid Dua.

“Selain Yana memiliki popularitas yang di atas rata-rata, juga elektabilitas yang cukup tinggi dengan dukungan partai yang memiliki modal tujuh kursi,” ujar Sopwan.

Namun, Yana juga dibayangi oleh Nanang Permana, Ketua DPRD Ciamis periode 2019-2024 dan Ketua PDIP Ciamis, yang menginisiasi koalisi lima partai.

“Pemilik tagline Segera ini adalah sosok politisi senior yang sulit ditandingi di Ciamis,” tambah Sopwan.

Dari kalangan birokrat, nama Taufik Gumelar sering disebut-sebut sebagai calon potensial. Sebagai salah satu kepala dinas yang paling menonjol dan orang kepercayaan Herdiat, Taufik dianggap memiliki peluang besar.

Putra mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis ini dikenal cerdas dan berperan penting dalam meraih penghargaan tertinggi bagi Ciamis sebagai Kota Adipura Kencana.

Selain Taufik, Budi Kurnia juga muncul sebagai calon potensial. Sebagai birokrat senior dan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Ciamis, serta mantan ketua KNPI Ciamis, Budi memiliki jejaring yang kuat hingga tingkat akar rumput.

“Budi memiliki modal politik dan sosial yang kuat, cocok untuk mendampingi Herdiat Sunarya di Pilkada 2024,” ujar Sopwan.

Ganjar M Yusuf Kritik Dinamika Politi Ciamis Menjelang Pilkada 2024

Politisi senior Ciamis, Ganjar M Yusuf, mengkritisi dinamika politik menjelang Pilkada 2024.

Ganjar menilai bahwa suasana politik saat ini terlalu stagnan dan minim keberanian, terutama dalam memunculkan calon bupati yang dapat menyaingi Herdiat Sunarya.

Ganjar menyatakan bahwa proses politik saat ini terlalu banyak diwarnai oleh penantian dan keraguan.

“Sejauh ini, terlalu banyak menunggu dan tidak ada yang berani muncul sebagai penantang serius bagi Herdiat. Elemen politik harus lebih berani dalam menampilkan nama-nama calon bupati alternatif,” ujar Ganjar dalam sebuah diskusi politik baru-baru ini.

Menurut Ganjar, koalisi partai politik di Ciamis juga menemui jalan buntu. Hingga saat ini, belum ada deklarasi resmi mengenai koalisi yang akan menantang Herdiat di Pilkada mendatang.

Hal ini, menurutnya, menunjukkan adanya ketakutan dan keraguan di kalangan partai-partai politik.

“Jangankan calon, koalisi saja belum ada yang jelas. Melawan Herdiat saja penuh ketakutan. Semua masih berbicara kemungkinan dan masih ragu-ragu. Menurut saya, harus ada dinamisasi politik yang lebih berani. Harus ada pembelajaran politik kepada publik dengan menawarkan banyak pilihan,” tegas Ganjar.

Ganjar juga menekankan pentingnya membuka ruang kompetisi yang sehat dan beragam. “Jangan dulu membuat frame bahwa tidak akan ada lawan. Itu justru pemikiran yang kerdil. Jangan dulu berpikir kalah menang, gas saja dulu,” pungkasnya.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler