Kamis, Juni 20, 2024

Menjelang Pilkada, Pj Bupati Ciamis Beri Arahan pada Kesbangpol Ciamis

Ciamis, jabarupdate: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Ciamis menerima arahan dari H. Engkus Sutisna selaku PJ. Bupati Ciamis pada, Selasa (14/5/).

Dalam amanatnya, H. Engkus Sutisna menyampaikan beberapa hal penting untuk melaksanakan tugasnya masing-masing dengan tupoksinya.

Ia memeberikan arahan menjelang Pemilihan Kepala Daerah di tingkat Kabupaten juga Provinsi,  kepada Kesbangpol untuk menjaga kondusifitas.

“Diketahui dari pilkada sebelumnya terdapat keretakan-keretakan, namun atas kesigapan pemerintah Alhamdulillah bisa terkendali. Maka harus diantisipasi dari sebelumnya,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa mengawal terciptanya demokrasi yg kondusif hingga terpilih pemimpin berkualitas adalah salah satu tugasnya sebagai Pj. Bupati, dan mengajak untuk bersama-sama mengawalnya.

Selain itu, H. Engkus Sutisna juga memberikan arahan kepada OPD yang lain, diantaranya Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Untuk menghadapi masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), beliau memberi amanat terkait catatan kependudukan kepada Disdukcapil.

“Sistem zonasi hubungannya dengan KTP dan KK. Dikhawatirkan terjadi kejadian seperti di Kabupaten/Kota lain. Yakni adanya kecurangan sehingga terjadilah konflik,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa seringkali ada yang tiba-tiba pindah agar ikut terjaring ke dalam zonasi. Padahal ketentuannya, sudah masuk zonasi minimal enam bulan sebelum PPDB.

“Maka dari itu, dihimbau agar Disdukcapil dapat berkordinasi dengan Dinas Pendidikan sekaligus KCD Pendidikan Jabar untuk mengantisipasi hal tersebut. Silakan bentuk tim yang terintegrasi untuk memudahkan dalam pengecekan nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Pj. Bupati mengamanatkan kepada Dinas Sosial terkait kesiap siagaan dalam menghadapi berbagai bencana. Termasuk bencana alam, non-alam, serta bencana sosial.

“Sekarang ini kita sedang dihadapkan dengan bencana alam, tidak ada waktu untuk istirahat. Mari meningkatkan kesiap siagaan kita, karena bencana bencana bisa datang kapan saja,” ajaknya.

Di akhir amanatnya, Pj. Bupati mengajak seluruh pegawai agar selalu siap melaksanakan setiap tugas dalam melayani masyarakat.

Selesai melaksankan apel pagi, Pj. Bupati berkeliling bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra. Mereka menyambangi masyarakat yang sedang membuat dokumen kependudukan di Disdukcapil, kemudian bersilaturahmi dengan pegawai di Aula Dinas Sosial.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler