Jumat, Juni 21, 2024

Menwa Asal Ciamis Raih Siswa Terbaik di Diklatsar Gelombang 2

Ciamis, Jabarupdate: Resimen mahasiswa atau Menwa asal Kabupaten Ciamis Rifki Rizki Risnandar menjadi siswa terbaik kedua dalam pendidikan dan latihan dasar.

Rifki merupakan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Sirnarasa Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Siswa yang mendapat predikat terbaik pertama adalah Indara, Mahasiswa S-2 Universitas Juanda. Dan terbaik ketiga Arya mahasiswa asal Bandung.

Menwa Mahawarman Jawa Barat telah melaksanakan Pendidikan Latihan Dasar atau Diklatsar sejak 21 Maret 2022 di Pusdik Sekolah Calon Bintara Rindam III/Siliwangi.

Diklatsar ini selesai pada tanggal 6 Maret 2022 di Pusat Pendidikan Jasmani TNI AD, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Selama kurang lebih dua minggu para mahasiwa yang bersedia mengikuti kegiatan Menwa ini ditempa untuk menimba ilmunya di dalam bidang kemiliteran.

Memang, tidak banyak mahasiswa yang bersedia mengikuti kegiatan seperti ini. Meskipun sebenarnya pemerintah saat ini sedang menggalakkan gerakan program “Bela Negara”.

Kegiatan Bela Negara tersebut diantaranya adalah untuk membentuk Komponen Cadangan yang berhasil diselenggarakan perdana pada tahun lalu.

Peserta yang mengikuti pelaksanaan Diklatsar kemarin berjumlah 73 orang. Namun gugur karena sakit sebanyak dua orang dan pulang sebanyak dua orang.

Sehingga, peserta yang mampu menyelesaikan Diklatsar Menwa Jawa Barat itu sebanyak 69 orang.

Dari Kabupaten Ciamis sendiri mengirmkan sebanyak tujuh orang yang diantaranya dua orang dari Universitas Galuh (Unigal) dan lima orang dari STID Sirnarasa Panjalu, Ciamis.

Membanggakan, Menwa asal Ciamis dapat meraih Predikat Siswa Terbaik di Diklatsar Gelombang 2 itu.

Rizki mengaku, dirinya merasa sangat terkejut saat mendapat siswa terbaik diantara semua yang ikut Diklatsar.

“Alhamdulillah mungkin ini yang disebut karomah Abah itu bener-bener,” kata Rizki, Selasa (8/3/2022).

Ia juga mengungkapkan, selama Diklatsar, Iky sapaan akrabnya, merasa sempat sedih. Dan mentalnya pun merasa diuji karena dua rekannya dari STID tidak bisa mengikuti upacara pembukaan dan PMO

Namun, lanjut dia, kedua rekannya itu bisa menyusul dan akhirnya membuat Iky semakin bersemangat untuk mengikuti Diklatsar Gelombang 2 itu.

Penulis: Galuh Wiradinata

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler