Jumat, Juni 21, 2024

Sebanyak 126 Rumah Di Sukabumi Rusak Akibat Angin Puting Beliung

Jawa Barat, Jabarupdate: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menjelaskan telah terjadi hujan disertai angin puting beliung pada Kamis (09/11/23) menyebabkan 126 rumah mengalami kerusakan di Desa Jili Jaya, Kecamatan Nagelak, Kabupaten Sukabumi, dan Desa Chidahu, Kecamatan Chidahu, Kabupaten Sukabumi (9/11/23) 17.30 WIB.

Rincianya dari 126 unit rumah rusak, diantaranya 82 unit rumah rusak ringan di Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu dan 44 unit rumah di Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak.

Jefri, warga Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, menggambarkan situasi mencekam saat kejadian. Bencana angin puting beliung terjadi di wilayah Cidahu dan Kalapanunggal.

“Angin bertiup dari arah Kawah Ratu dan langsung masuk ke pemukiman warga. Saat kejadian, saya sedang memantau situasi keamanan di sebuah toko bersama anggota Bhabinkantibmas dan warga,”terang Jefri, warga Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada, Jumat (11 Oktober 2023).

Jeffrey melihat awan gelap menjulang di atasnya, disertai hujan rintik-rintik. Lokasi perkampungan pemukiman ini berada di kaki Gunung Salak. Suasana menjadi mencekam saat petir tiba-tiba menyambar.

“Jadi gelap mendung disertai hujan dan kilat. Angin bertiup dari atas, dari Kawah Ratu, langsung berputar dan kencang sehingga saya menyambar tiang warung,” ujarnya.

Menurut PUSDALOPS PB BPBD Jabar, BPBD Provinsi Jawa Barat telah melakukan beberapa upaya yaitu berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi, P2BK Subwilayah Cidahu berkoordinasi dengan Koramil Porkopincam, Polsek, Tagana, Satpol PP, Kabupaten Cidahu Sukabumi dan salah satu dari tim relawan mengumpulkan data dan mengimbau masyarakat untuk waspada.

Sementara itu, tim lapangan BPBD Jabar masih melakukan pendataan korban peristiwa tersebut. Pada saat yang sama, tiga wilayah yang terkena dampak pohon tumbang telah dievakuasi sementara. Berapa banyak kepala rumah tangga dan masyarakat yang masih menunggu terulangnya hal tersebut.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler