Sejarah April Mop yang Telah Hadir Sejak Abad-16

Ragam, Jabarupdate: Sejarah April Fools Day atau lebih akrab dengan istilah April Mop yang setiap tahunnya selalu diperingati, tepatnya setiap tanggal 1 April.

April Mop adalah hari dimana setiap orang yang secara bersamaan melakukan tipuan dan lelucon.

Bukan hanya di Indonesia, ternyata April Fools Day ini selalu diperingati diberbagai negara. Sayangnya, sejarah yang jelas tentang April Mop belum diketahui secara rinci. Meskipun banyak orang yang mengira-ngira tentang sejarahnya.

Telah dijelaskan dalam laman today, bahwa awal mula April Mop sejak adanya pengumuman akan ada panen spaghetti di Swiss dalam berita acara di Inggris.

Berita tersebut dikatakan langsung oleh seorang penyiar dan jurnalis terkemuka, Richad Dimbleby pada 1 April tahun 1957.

Seluruh penonton yang hadir merespon berita tersebut dengan penuh antusias. Padahal aslinya berita tersebut merupakan siyasat dari April Mop.

Menurut Rob Weiner yang merupakan Pustakawan Budaya pop Texas Tech University, penonton yang menyukai berita tersebut dilandasi dengan rasa lucu.

“Banyak lelucon buruk yang selama bertahun-tahun diperankan oleh banyak orang. Tetapi, lelucon tersebut berupa sindiran sebagai cara untuk berbuat jahat ke orang lain,” ujarnya.

Ia menegaskan, April Mop adalah cara setiap orang untuk melakukan lelucon dengan mengetahui batasan agar tidak bertindak lebih jauh atau bahaya.

Menurut ahli dari Museum of Hiaxes, sejarah April Mop berawal dari abad ke-16 sejak adanya reformasi kalender Prancis. Negara tersebut melakukan reformasi dari kalender Julian ke kalender Gregorian pada tahun 1582 setelah diminta pada tahun 1563 oleh Dewan Tarent.

Dalam kalender baru itu, tahun baru dimulai pada 1 Januari yang bertepatan dengan musim semi. Sedangkan biasanya orang-orang merayakan tahun baru pada akhir bulan Maret sampai 1 April.

Orang-orang pada waktu itu telat mendapatkan informasi sehingga tidak menyadari bahwa tahun baru telah berubah ke tanggal 1 Januari. Karena hal itu, lucunya orang-orang pada saat itu terus merayakan tahun baru pada tanggal 1 April.

Dengan kejadian tersebut, banyak orang yang menyebut hal itu adalah lelucon. Sehingga ada yang berspekulasi bahwa hal teraebut adalah April Fools.

Di sisi lain, dari sejarah April Mop. Terjadi pada akhir maret di festival Hilaria, Roma Kuno. Pada kesempatan itu setiap orang berdandan untuk menyamar dengan tujuan mengejek semua orang sampai hakim sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
Persib Bandung ditahan Imbang

Persib Bandung Ditahan Imbang Barito, Persipura Terdegradasi

Next Article

Inilah 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Related Posts
Total
0
Share