Selasa, April 16, 2024

Selama 2022, Kesbangpol Ciamis Laksanakan Beragam Kegiatan dan Berhasil Raih Penghargaan

Ciamis, Jabarupdate: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Kesbangpol Kabupaten Ciamis telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan selama tahun 2022.

Kegiatan yang mereka gelar di berbagai bidang, khususnya wawasan kebangsaan, ekonomi, sosial, budaya, agama, dan politik.

Kepala Badan Kesbangpol Ciamis Yadi Trisyadi menjelaskan, tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kerukunan umat beragama, pemahaman politik, serta pencegahan peredaran narkoba.

Program pertama Kesbangpol Ciamis adalah melakukan Pembinaan dan Pengembangan Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya.

Program ini melalui kegiatan ideologi wawasan kebangsaan dan ketahanan ekonomi sosial, budaya dan agama.

Pelaksanaan kebijakannya di Bidang Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika. Dan Fasilitasi Kerukunan Umat Beragama, Penghayat Kepercayaan.

Yadi mengungkapkan, dalam kegiatan ini, Kesbangpol memfasilitasi kerukunan umat beragama. Serta fasilitasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika.

Yadi menjelaskan, maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman. Guna menjaga stabilitas Kerukunan Umat Beragama dan Penghayat Kepercayaan.

Juga untuk mencegah serta memberantas dan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika serta prekursor Narkotika.

Sedangkan tujuannya yakni, untuk meningkatkan stabilitas Kerukunan Umat Beragama Dan Penghayat Kepercayaan. Lalu meningkatkan pemahaman dalam Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Kegiatan ini memberikan manfaat meningkatkan stabilitas kerukunan umat beragama dan penghayat kepercayaan. Juga mencegah serta memberantas peredaran gelap Narkotika.

Program selanjutnya: Kegiatan Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan

Dalam kegiatan ini mengangkat tema Meningkatan Peran Partai Politik, Lembaga Pendidikan melalui Pendidikan Politik dan Pengembangan Etika serta Budaya Politik.

Di program ini, Kesbangpol merumuskan Kebijakan Teknis dan Pemantapan Pelaksanaan Bidang Pendidikan Politik, Etika Budaya Politik.

Kemudian, Peningkatan Demokrasi, Fasilitasi Kelembagaan Pemerintahan, Perwakilan dan Partai Politik, Pemilihan Umum/Pemilihan Umum Kepala Daerah, serta Pemantauan Situasi Politik di Daerah.

Yadi menjelaskan, maksud dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan proses pembelajaran dan pemahaman tentang politik kepada masyarakat.

Utamanya mengenai hak, kewajiban, serta tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam sebuah negara yang Demokratis.

Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi politik masyarakat dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

Menurut Yadi, kegiatan ini juga untuk meningkatkan peran aktif masyarakat sebagai subjek dalam pembangunan. Agar turut serta menentukan keputusan yang menyangkut keputusan bersama atau keputusan umum.

Badan Kesbangpol Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan tersebut di lima kecamatan, yakni Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti, Desa Panumbangan, Desa Sukahurip Kecamatan Pamarican, Desa Banjaranyar, dan di Kelurahan Ciamis.

Yadi menegaskan, kegiatan ini memberikan manfaat kepada masyarakat menjadi melek politik. Maka ke depan, akan jadi pemilih yang cerdas. Dan masyarakat juga ikut aktif sebagai anggota penyelenggara pemilu atau aktif di partai politik.

Lalu, Program Kesbangpol Ciamis: Kegiatan Unggulan Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik

Menurut Yadi, pelaksanaan kebijakan di Bidang Kewaspadaan Dini, Kerja sama Intelijen, serta Pemantauan Orang Asing. Tenaga Kerja Asing, dan Lembaga Asing. Kemudian, Kewaspadaan Perbatasan antar Negara, Fasilitasi Kelembagaan Bidang Kewaspadaan. Serta penangann konflik di daerah.

Yadi mengungkapkan, sosialisasi penanganan konflik menyasar Civitas Akademik di Tatar Galuh ini.

Adapun jenis kegiatannya adalah sosialisasi Pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat atau FKDM di tingkat Kecamatan.

Lalu, adanya Rapat Koordinasi Kewaspadaan Dini. Kegiatan ini menyasar Aparatur Pemerintahan di tingkat kecamatan, desa, Karang Taruna serta tokoh masyarakat.

Menurut Yadi, maksud dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan tugas dan fungsi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah dan FKDM Tingkat Kabupaten dan Tingkat Kecamatan.

Tentu saja, lanjut Yadi, ini dalam rangka menjaga dan memelihara kekondusifan wilayah di Ciamis.

Sedangkan tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan peran Tim Kewaspadaan Dini Daerah dan FKDM Tingkat Kabupaten dengan Kecamatan. Yakni dalam menjaga dan memelihara kondusifitas Ciamis.

Selain itu, untuk membentuk suatu wadah bagi elemen masyarakat dalam menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan terkait potensi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan sebagai upaya pencegahan dan penangulangan secara dini.

Adapun dalam Rapat Koordinasi Kewaspadaan Dini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kewaspadaan dini daerah di Ciamis.

Pelaksanaan kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat di daerah dalam menciptakan stabilitas keamanan. Serta untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan melalui pendeteksian dan pencegahan dini.

Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan FKDM di tingkat Kecamatan. Pelaksnaannya selama lima bulan di lima lokasi. Yakni Kecamatan Sindangkasih, Baregbeg, Purwadadi, Cihaurbeuti, dan di Gedung LVRI Ciamis.

Sedangkan pelaksanaan Rapat Koordinasi Kewaspadaan Dini selama 10 kali di tujuh Lokasi. Yakni Badan Kesbangpol Ciamis, Kecamatan Pamarican, Jatinagara, Baregbeg, Universitas Galuh Ciamis, di Kecamatan Cidolog, dan LVRI Ciamis.

Selanjutnya Kegiatan Peningkatan Kewaspadaan Nasional dan Peningkatan Kualitas dan Fasilitasi Penanganan Konflik Sosial

Pelaksanaan Koordinasi di Bidang Kewaspadaan Dini dan Kerja sama Intelijen, Pemantauan Orang Asing, Tenaga Kerja Asing, serta Lembaga Asing.

Kewaspadaan Perbatasan antar Negara, dan Fasilitasi Kelembagaan Bidang Kewaspadaan, serta Penanganan Konflik Daerah.

Maksudnya adalah untuk meningkatkan penanganan konflik. Juga untuk menurunkan potensi konflik di Kabupaten Ciamis.

Yadi juga mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan pihak civitas akademik. Hal ini dalam upaya pencegahan dan penurunan potensi konflik di Kabupaten Ciamis.

Selain itu, juga untuk meningkatkan peran civitas akademik dalam menjaga stabilitas keamanan. Pun terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan.

Lalu, Program Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan

Badan Kesbangpol Kabupaten Ciamis melaksanakan Perumusan Kebijakan Teknis. Serta Pemantapan Pelaksanaan Bidang Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan.

Adapun dalam kegiatan ini, Kebijakan di Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Karakter Bangsa, Pembauran Kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika serta Sejarah Kebangsaan.

Lalu adanya Roadshow Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan atau PPWK Talkshow Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK).

Dan Lomba Video Kreatif, serta Silaturahmi Pembauran Kebangsaan.

Maksud dari kegiatan ini, kata Yadi, untuk memberikan pembinaan Ideologi Wawasan Kebangsaan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila. Juga pelaksanaaan Undang-Undang Dasar (UUD) Tahun 1945, pelestarian Bhineka Tunggal Ika serta pertahanan dan pemeliharaan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan kegiatan ini, meningkatkan pemahaman Ideologi Wawasan Kebangsaan bagi pelajar, Guru, Warga Binaan LAPAS, dan Masyarakat.

Serta, untuk meningkatkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kegjatan ini juga memberikan manfaat, yakni meningkatnya jumlah pelajar, generasi muda, dan organisasi masyarakat dalam pemahaman ideologi wawasan kebangsaan.

Selama tahun 2022, Kesbangpol Ciamis melaksanakan kegiatan ini sebanyak lima kali.

Pertama untuk guru PPKN SMP tempatnya di Aula Dinas Pendidikan. Lalu, perwakilan anggota IRMA SMA dan sederajat, guru pendamping yang lelaksanaannya di Aula FISIP Unigal. Roadshow (PPWK) untuk Warga Binaan dilaksanakan di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Ciamis.

Kemudian untuk kegiatan Silaturahmi Pembauran Kebangsaan pelaksaannya di Aula Bakesbangpol.

Sementara untuk kegiatan Talkshow (PPWK) di Radio Actari 9,66 FM yang berada di Jalan Raya Cikoneng 171 Ciamis.

Terakhir Lomba Video Kreatif dilaksanakan di Ruang Audio Visual Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis..

Penghargaan Badan Kesbangpol Ciamis

Selama 2022, Kesbangpol juga meraih penghargaan: yang pertama, Terbentuknya Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Direktorat Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

Penghargaan kedua, Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dari Kemendagri.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler