Sabtu, Februari 24, 2024

Siloka Kencana Kabupaten Ciamis, Tingkatkan Kreativitas Kader

Ciamis, Jabarupdate: Silaturahmi dan Lomba Kader Keluarga Berencana (Siloka Kencana) tingkat Kabupaten Ciamis telah sukses digelar di Halaman Pendopo setempat, Kamis (24/8/2023).

Acara tersebut diikuti perwakilan kader KB dari 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis. Tujuannya adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar-kader.

Serta mendorong peningkatan kreativitas dalam menyampaikan pesan-pesan penting tentang KB kepada masyarakat.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka langsung kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa dalam pelaksanaannya, Siloka Kencana terbagi ke dalam dua lomba.

Kegiatan lomba yang pertama adalah pertunjukan masyarakat tari pesan dan juga nada atau Permatasanda.

Dalam Permatasanda, para peserta menyanyikan lagu Gerabah Stunting Manis (GSM). Lagubtersebut merupakan ciptaan Kepala Dinas P2KBP3A Ciamis, Dr. Dian Budiyana M.Si.

Kemudian lomba yang kedua adalah Kader Diajar Jagoan Kampung Midang ka Kota (Kajarjakamita). Acara ini lebih dikenal dengan Lomba Cerdas Cermat atau LCC.

Herdiat mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan gebyar Siloka Kencana tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2023 ini.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para kader yang telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Herdiat menegaskan, banyak prestasi yang telah ditorehkan para kader kesehatan di Kabupaten Ciamis. Raihan yang terbaru adalah prestasi Posyandu Cempaka III Desa Giriharja, Kecamatan Rancah. Mereka berhasil mendapat Juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dirinya berharap, prestasi yang sudah didapat ini menjadi motivasi bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan seluruh kader untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Dian mengungkapkan bahwa para peserta Siloka Kencana tingkat kabupaten ini adalah yang telah sukses menjuarai Siloka Kencana di tingkat kecamatan.

Ia menegaskan, kegiatan ini merupakan inovasi Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan juga sikap serta kreatifitas kader dalam menyampaikan program-program pemerintah kepada masyarakat.

Adapun juara dalam Siloka Kencana Kabupaten Ciamis tahun 2023 yakni, untuk Juara 1 Lomba Permatasanda adalah Kecamatan Panjalu. Dan juara kedua Kecamatan Sindangkasih, sementara juara ketiga Kecamatan Ciamis.

Sementara itu, untuk lomba Kajarjakamita juara 1 diraih Kecamatan Cipaku, untuk juara kedua Kecamatan Cijeungjing, dan yang ketiga adalah Kecamatan Sadananya.

Penyerahan trofi juara Permatasanda diberikan langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sementara trofi untuk Kajarjakamita oleh Sekretaris Daerah Tatang, M.Pd.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler