Senin, Maret 4, 2024

Sinergi Kesbangpol Ciamis dan Kemendagri, Gelar Rakoor Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih

Ciamis, Jabarupdate: Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ciamis menghadiri rapat koordinasi (rakoor) terkait gerakan pembagian bendera merah putih.

Acara ini digelar secara virtual bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Aula Pendopo Ciamis, Selasa (6/7/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk membahas Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Acara yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ini digelar dengan tujuan untuk merumuskan strategi kolaboratif dalam upaya mendistribusikan bendera Merah Putih kepada masyarakat.

Kepala Kesbangpol Ciamis R. Yadi Tiayadi menyampaikan, rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh para perwakilan dari Kesbangpol Ciamis serta beberapa pihak terkait lainnya.

Ia menekankan pentingnya peran bendera Merah Putih sebagai simbol persatuan dan identitas bangsa. Yadi juga menegaskan komitmen Kesbangpol Ciamis dalam mendukung dan menjalankan gerakan ini.

Gerakan pembagian bendera Merah Putih ini, jelas dia, sebagai bagian dari upaya dalam mempererat rasa cinta tanah air di masyarakat.

Rapat koordinasi ini turut membahas mekanisme pendistribusian, jumlah bendera yang akan disalurkan, serta kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, dan pemerintahan daerah.

Para peserta rapat sepakat untuk bersinergi dalam menjalankan gerakan ini demi menciptakan atmosfer yang lebih patriotik dan membangun kesadaran akan arti pentingnya kebhinekaan serta persatuan bangsa.

Yadi mengatakan, pembagian bendera merah putih akan dilaksanakan secara nasional. Ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk memperkuat identitas, simbol dan alat pemersatu rakyat Indonesia.

Dengan semangat kebersamaan dan tujuan yang sama, tegas dia, Kesbangpol Ciamis berkomitmen untuk melanjutkan langkah-langkah konstruktif dalam mendukung gerakan ini.

Upaya pembagian bendera itu juga diharapkan dapat memperkuat rasa cinta tanah air serta kesatuan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dia mengungkapkan, bendera Merah Putih akan tersebar dengan merata di berbagai sudut Kabupaten Ciamis, sehingga masyarakat dapat dengan mudah merasakan semangat kebangsaan yang diwujudkan melalui simbol-simbol tersebut.

Bendera merah putih sendiri memiliki makna dan sejarah yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia. Tentu saja, latar belakang di balik kegiatan ini adalah untuk membangkitkan semangat kebangsaan dan rasa persatuan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler