Jumat, Juni 21, 2024

Pemkab Ciamis Berdayakan Masyarakat melalui Pengelolaan Bank Sampah

CIAMIS, Jabarupdate: Dalam penanggulangan sampah yang semakin merajalela, upaya dari Pemkab Ciamis ialah dengan mengelola sampah yang tidak bermanfaat menjadi bermanfaat dan menghsilkan.

Karena problem atau masalah yang terjadi melalui sampah sangatlah cepat dan sangat membahayakan lingkungan dan masyarkat sekitar dan masyarakat Ciamis.

Problemnya ialah seperti banjir, pencemaran tanah, sumber penyakit, pemanasan global dan masih banyak lagi permasalahan yang di awali oleh sampah yang akhirnya berdampak pada masyarakat.

Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga yang berasal dari kegiatan sehari-hari dalam rumah tangga yang tidak termasuk tinja dan sampah spesifik

Merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi permasalahan yang ada dalam sampah, hal itu menjadi salah satu gerakan untuk masyarakat dalam hal memberdayakan sampah.

Baca juga: Ciamis Memperoleh Gelar Bank Sampah Terbaik Nasional

Bank Sampah Ciamis (BSC) mendapatkan prestasi tingkat Nasional dengan menorehkan predikat bank sampah terbaik Tahun 2023.

Taufik Gumelar Sebagai Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamisl angsung menerima penghargaan tersebut. “Terimakasih kepada semuanya karena semua ini tidak akan pernah di dapat tanpa dukungan dan kerjasama masyarakat Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

Kementrian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan kepada BSC, bukan hanya apresiasi dari KLHK, BSC mendapatkan apresiasi dari stakeholder dan pegiat lingkungan Ciamis.

Baca juga: Herdiat: Momentum Hari Jadi sebagai Motivasi Untuk Ciamis Lebih Maju

BSC adalah salah satu support system Pemkab Ciamis bagi para penggiat sampah yang mana mampu menaikan nilai sampah menjadi suatu barang yang bermanfaat dan mendapatkan nilai guna.

Bukan hanya dalam hal peningkatan nilai guna dari sampah, dalam pemberdayaan sampah masyarakat juga bisa meningkatakan kreatifitas, ekonomi, sosial, pendidikan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler