Sumedang Raih Penghargaan Capaian Pembangunan Terbaik Tingkat Jawa Barat

Sumedang, Jabarupdate: Kabupaten Sumedang raih penghargaan predikat Terbaik Pertama Perencanaan Capaian Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Pengumuman Penghargaan tersebut dalam Acara Musrenbang Jawa Barat Tahun 2022 pada Rabu (30/3/2022) malam.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung memberikan penghargaan kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir pada acara yang digelar oleh Bappeda Provinsi Jawa Barat di Hotel Trans Luxury Bandung itu.

Hadir dalam acara ini seluruh kepala daerah tingkat Kabupaten Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Dony menyampaikan rasa syukur karena Kabupaten Sumedang kembali meraih penghargaan tingkat provinsi.

“Alhamdulillah, tahun ini Kabupaten Sumedang kembali raih anugerah penghargaan. Di tingkat Provinsi Jawa Barat. Dan kali ini terbaik pertama se-provinsi untuk kategori penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah atau RKDP,” ujar dia.

Dony Ahmad Munir juga berharap raihan prestasi ini dapat memotivasi Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Sumedang. Agar mampu meningkatkan kualitasnya dalam penyusunan perencanaan sebagai awal yang mampu menentukan dalam langkah-langkah ke depannya.

Selain itu, kata dia, Sumedang yang raih penghargaan itu dapat dan akan terus menjadikan motivasi bagi Kabupaten Sumedang.

“Khususnya, agar perencanaannya dapat terus meningkatkan kualitas,” sambung Dony.

Ia menegaskan, dengan perencanaan yang berkualitas maka akan mendukung pencapaian target-target dalam mewujudkan Visi dan Misi Sumedang Simpati.

“Dalam tahapan perencanaan yang dilalui dengan sebaik mungkin. Sehingga mampu mewujudkan visi dan misi Sumedang Simpati. Yakni, sejahtera masyarakatnya, agamis akhlaknya, serta maju daerahnya. Selain itu, dapat menghadirkan aparatur yang profesional, juga dapat menimbulkan ekonomi yang kreatif. Agar di tahun 2023 itu semua dapat terwujud,” beber dia.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati mengatakan bahwa raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingka Provinsi Jawa Barat tersebut adalah modal untuk meraih prestasi di tingkat Nasional.

Kabupaten Sumedang akan menjadi wakil bagi Provinsi Jawa Barat untuk tingkat Nasional.

“Dimana pada tanggal 4 April 2022 nanti kami akan menerima juri dari Bappenas untuk verifikasi tahap ke-3 dalam lomba PPD tingkat Nasional,” ucap Tuti.

Ia menambahkan, salah satu aplikasi yang diangkat di lomba ini adalah aplikasi Sipedo atau Sistem Informasi Berbasis Database Online.

“Aplikasi ini untuk membidik penurunan angka pengangguran terbuka. Serta laju pertumbuhan ekonomi di Sumedang,” jelas dia.

Menurut Tuti perencanaan itu dapat dikatakan berhasil bila sudah setengahnya dari perencanaan yang sudah dilakukan.

“Tinggal bagaimana kita mengimplementasikannya. Oleh karena itu, penghargaan ini tidak menjadikan kami berpuas diri. Namun ini merupakan tantangan bagi kami untuk meningkatkan kualitas ke depannya,” pungkas Tuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
Ketua DPD Demokrat Jabar

Terpilih Jadi Ketua DPD Demokrat Jabar, Anton Apresiasi Kinerja Kepemimpinan Sebelumnya

Next Article
Kalah dari Borneo FC

Kalah dari Borneo FC, Persebaya Tergeser ke Peringkat 5

Total
0
Share