Senin, Mei 27, 2024

Telkom University Bekerjasama Dengan DPRKPLH Ciamis Untuk Digitalisasi Bank Sampah

Ciamis, Jabarupdate: Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) berupaya menerapkan digitalisasi dalam pengelolaan bank sampah Ciamis.

Sekretaris Dinas PRKPLH Ciamis Giyatno mengatakan bahwa, dalam proses digitalisasi pengelolaan bank sampah, pihaknya akan menggandeng akademisi.

“Kami mengupayakan profesionalisasi dalam pengelolaan sampah di Ciamis. Hal ini agar lebih memudahkan dalam pemberian laporan dan memudahkan pengelolaan sampah khususnya dari segi administrasi,” ujarnya, Sabtu (16/9/2023).

Sebelumnya Telkom University telah membekali Ciamis dengan beberapa tempat sampah pintar. Tempat sampah pintar elektronik ini memiliki sensor yang dapat membaca botol-botol plastik, aplikasi ini dirancang untuk mereka yang membuang sampah.

Menurut Putra Fajar Alam, Guru Besar Telkom University, program pengabdian masyarakat ini memberikan jawaban atas permasalahan pengelolaan sampah di Ciamis. Salah satu pilihannya adalah dengan aplikasi pembuangan sampah secara daring atau digital.

Aplikasi ini bertujuan untuk memfasilitasi tidak hanya pencatatan tetapi juga agar dapat terkoneksi dan terintegrasi.

“Dengan adanya aplikasi Smash atau sistem pengelolaan sampah online. Pada sistem ini bank sampah menggunakan aplikasi gratis berbasis Android dan dapat mencatat transaksi.

Klasifikasi sampah berdasarkan kategori, data pelanggan, transaksi semuanya dicatat dan dihubungkan di tingkat nasional,” jelasnya.

Aplikasi pengelolaan sampah ini menghubungkan bank sampah, pelanggan, pemerintah daerah, dan perusahaan. Hal ini merupakan salah satu pendukung program Smart City.

Pengelolaan sampah secara digital juga mempunyai manfaat, salah satunya adalah pengelolaan data. Dapat membuka peluang kolaborasi industri serta program pelatihan dan dukungan CSR.

“Kita bisa melihat berapa banyak sampah yang dikelola dan dikumpulkan di Ciamis. Pemerintah daerah juga bisa melihat bank sampah mana yang baik, sehingga lebih akuntabel dan transparan”, jelasnya.

Akademisi Telkom University juga siap membantu agar digitalisasi pengelolaan sampah di Ciamis dapat dilaksanakan secara komprehensif.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler