Senin, Maret 4, 2024

Terbakarnya Kapal di Pelabuhan Indah Kiat Merak, Proses Evakuasi Berhasil Dilakukan

NASIONAL, Jabarupdate: Terbakarnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah, menyebabkan 159 penumpang harus dievakuasi.

Terbakarnya sebuah kapal ini terjadi pada Rabu (6/9/2023). Tepatnya di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Cilegon, Banten, sekitar pukul 10.30 WIB.

Asep Chairul (44), yang merupakan saksi mata, memberikan keterangan mengenai awal mula terbakarnya kapal dengan tujuan Pelabuhan Panjang Lampung tersebut.

“Pas kejadian, saya lagi kerja di kapal lain, dekat jaraknya dengan kapal itu. Katanya sih (kebakaran) karena ledakan aki,” ucap Asep.

Selain memberi kesaksiannya, Asep juga memperlihatkan sebuah video. Dimana terlihat dalam video itu proses pemadaman kapal yang terbakar itu.

Dalam video terlihat, empat buah kapal kecil bersama-sama menyiramkan air ke arah kapal Mutiara Berkah itu. Terlihat asap mengepul dari deck kapal yang terbakar.

Melansir kompas.com, sebanyak 159 korban yang terdiri dari penumpang serta anak buah kapal berhasil dievakuasi.

Proses evakuasi dikabarkan berlangsung dengan dramatis. Karena terdesak, terpaksa para penumpang dan ABK harus mencapai daratan dengan menggunakan crane.

Menurut keterangan Dedi Komarudin selaku Komandan Lanal Banten Kolonel Laut, tidak terdapat korban jiwa pada insiden itu.

Namun asap yang memenuhi udara menyebabkan lima korban mengalami gangguan pernapasan sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

“Sebanyak 159 penumpang sudah dievakuasi. Korban jiwa tidak ada, tapi ada lima yang dirujuk ke rumah sakit karena sesak napas,” ujar Dedi.

Dedi juga menuturkan, KMP Mutiara Berkah tidak hanya berisi penumpang dan ABK, tapi juga mengangkut 135 truk yang berhasil dievakuasi.

Api dengan cepat merambat di lambung bagian belakang kapal.

Proses pemadaman mengerahkan 8 unit mobil damkar, dengan dibantu 4 unit tugboat.

Dedi mengaku pemadaman mengalami kendala karena sulitnya akses mobil damkar.

Ia menambahkan bahwa armada pemadam dari laut dan darat akan ditambah, agar api tidak lebih melebar.

Sampai pukul satu siang hari, kebakaran KMP Mutiara Berkah belum juga bisa dipadamkan. Terlihat jelas asap hitam mengepul tinggi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler