Selasa, April 16, 2024

Timnas Indonesia Sabet Medali Emas di Final Sea Games 2023

Olahraga, Jabarupdate: Timnas Indonesia berhasil permalukan Thailand dan merebut medali emas SEA Games 2023 Cabor Sepak Bola.

Timnas Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 setelah menjalani pertandingan selama 120 menit.

Pertandingan final yang mempertemukan Indonesia Vs Thailand tersebut berlangsung di National Olympic Stadium, Selasa (14/5).

Gol-gol kemenangan garuda muda dilesatkan oleh Ramadhan Sananta pada menit 21 dan 25+4, Irfan Jauhari pada menit 91, Fajar Fathur Rahman pada menit 107, serta Bekham Putra pada menit 120.

Sementara itu, dua gol hiburan dari Thailand berhasildilesatkan oleh Anan Yodsangwal pada menit 65 dan Yotsakon Burapha pada menit ke 90+7.

Keberhasilan Timnas Indonesia merebut medali emas tidak terlepas dari momen dramatis sepanjang pertandingan berlangsung.

Selain hujan gol pada pertandingan ini juga terjadi hujan kartu, terutama kartu merah.

Wasit mengeluarkan empat kartu merah yang diberikan kepada Jonathan Khemdee (Thailand), Komang Teguh (Indonesia), Teerasak Poeiphimai (Thailand) dan Soponwit Rakyart (Thailand.

Kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand sekaligus mengakhiri puasa gelar selama 32 tahun pada SEA Games 2023.

Diketahui, Indonesia terkahir kali mendapatkan gelar medali emas SEA Games Cabor Sepak Bola pada tahun 1991.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PSSI (@pssi)

Higlight Timnas Indonesia Vs Thailand Babak Pertama

Timnas Indonesia langsung mangambil inisiatif merusak pertahanan Thailand sejak peluit pertama dibunyikan wasit.

Pasukan garuda muda besutan Indra Sjafri langsung tancap gas sejak awal laga. Permainan Indonesia membuat pemain Thailand keteteran.

Timnas Thailand pada awal laga hanya mengandalkan serangan balik. Alhasil pada menit ke-7 Thailand berhasil membuat prahara di pertahanan Indonesia.

Beruntung Ernando Ari berhasil menggagalkan serangan Poephimai dengan keluar dari sarangnya dan menghalau bola.

Pada menit ke-21 Indonesia berhasil unggul melalui sundulan Ramadhan Sananta yang mampu memanfaatkan umpan jauh dari Dewangga.

Gol dari Ramdhan Sananta membuat Tim Gajah Putih langsung meningkatkan intensitas serangan.

Pasukan Issara Sritaro mampu membuat peluang yang bagus. Namun karena koordinasi yang kurang baik, Thailand tidak mempu membuat peluang menjadi gol.

Skuad Garuda Muda berhasil menambah keungulan di menit akhir babak pertama.

Ramadhan Sananta berhasil mencetak gol keduanya setelah melakukan tendangan spekulatif dari luar kotak penalty saat dihadang pemain Thailand.

Higlight Timnas Indonesia Vs Thailand Babak Kedua

Tertinggal dua gol dari Timnas Indonesia di babak pertama, membuat Thailand tampil Agresif di babak kedua.

Tekanan yang dilesatkan oleh Thailand berbuah hasil pada menit ke-65. Gol tersebut tercipta dari skema sepak pojok yang dimanfaatkan oleh sundulan Anan Yongsangwal.

Skor berubah menjadi 2-1, skor ini membuat Indonesia tidak tinggal diam.

Pada menit ke-79, Marselino Ferdinan hampirmencetak gol dari tendangan bebas. Namun,tendangannya masih bisa ditepis oleh Sponwit Rakyart.

Serangan berbalik, di detik-detik injury time Thailand berhasil menyamakan kedudukan.

Gol tersebut dilesatkan oleh Yotsakon Burapham setelah mengelabui bek Indonesia dan Ernando Ari.

Higlight Timnas Indonesia VS Thailand Babak Pertambahan Waktu

Pada babak pertambahan waktu, Timnas Indonesia langsung melakukan tekanan ke petahanan Thailand. Tak lama kemudian, pasukan Indra Sjafri berhasil merubah kedudukan menjadi 3-2.

Gol tersebut dilcetak oleh Irfan Jauhari setelah melewati Bek Thailand dan men-chip bola ke gawang setelah mengetahui posisi kipper terlalu maju.

Setelah gol tersebut, nampak kericuhan terjadi di pinggir lapangan yang melibatkan perkelahian beberapa pihak.

Alhasil, wasit dengan tegas mengeluarkan kartu merah kepada manajer Indonesia, Komang, Rakyart dan dua staff pelatih Thailand.

Beberapa menit berselang Thailand harus rela bermain dengan Sembilan pemain. Jonathan Khemdee diganjar kartu merah setelah melanggar Ilham Rio Fahmi.

Hingga babak pertambahan waktu pertama selesai tidak ada gol tambahan, skor tetap bertahan 3-2.

Timnas Indonesia berhasil mencetak gol keempat melalui sepakan keras Fajar Fathurohman setelah memanfaatkan umpan catik Ilham Rio Fahmi. Kedudukan berubah menjadi 4-2.

Tidak mau ketinggalan dengan Jonathan, Anan Yongsangwal mendapatkan kartu merah dari wasit.hal tersebut membuat Thailand harus bermain dengan delapan pemain.

Satu Menit menjelang pertandingan usai, Bekham Putra nugraha berhasil mengunci kemenangan Timnas Indonesia setelah tendangannya gagal di halau oleh kipper. Kedudukan berubah menjadi 5-2.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler