UMKM di Kota Cirebon Harus Manfaatkan Teknologi

Kota Cirebon, Jabarupdate: Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM di Kota Cirebon harus mampu memanfaatkan teknologi.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati dalam kegiatan Pengenalan dan Pengimplementasian Digital Marketing dan Manajemen Keuangan, di Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Selasa (11/1/2022). 

Menurut dia, teknologi harus dimanfaatkan UMKM Kota Cirebon untuk melakukan pemasaran produk. Sehingga mudah dikenal dan diburu oleh masyarakat. 

Ia menjelaskan bahwa masyarakat di era digitalisasi tidak lepas dengan internet. Karenanya, hal ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UMKM.

Disamping harus memanfaatkan teknologi, kata Eti, pelaku UMKM pun harus memperhatikan kualitas produk dan kemasan.

Menurutnya, produk yang dipasarkan harus kreatif dan inovatif. Dengan begitu, dia yakin, pelaku usaha yang memperhatikan hal tersebut, produknya akan diburu masyarakat.

Di era sekarang ini, kata dia, persaingan produk sangat ketat, jadi harus memperhatikan kualitas. Di samping juga harus bisa memanfaatkan teknologi.

Tidak dipungkiri, ungkap Eti, pelaku UMKM di Kota Cirebon ini mampu menjadi penggerak ekonomi, terlebih saat pandemi Covid-19.

“Ada yang bilang kalau UMKM itu usaha kecil. Tapi pendapatannya miliaran. Karena memang pelaku UMKM penggerak ekonomi yang sesungguhnya,” tutur Eti.

Dia juga berpesan supaya harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan produknya lebih mengedepankan kearifan lokal. 

Pemerintah Kota Cirebon, kata dia, sangat mendukung kegiatan UMKM. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah melalui pojok UMKM.

Pojok tersebut berada di kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP). 

Pihaknya telah menyiapkan tempat untuk UMKM untuk memasarkan produk. Melalui DKUKMPP Kota Cirebon.

“Kami sudah menyiapkan tempat. Khusus untuk UMKM dari Kota Cirebon. Untuk melakukan pemasaran. Yaitu di kantor DKUKMPP,” ungkap dia.

Bukan hanya itu, dia juga sering turut mempromosikan produk UMKM asal Kota Cirebon melalui akun media sosial pribadinya.

“Saya juga kan suka endorse di Instagram pribadi. Khusus produk UMKM asal di Kota Cirebon,” tegas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article

Bupati Cirebon Minta SKPD Evaluasi Kinerja 2021

Next Article

TKW Asal Indramayu Butuh Bantuan Pemerintah, Divonis 20 Tahun Penjara di Hongkong

Total
0
Share