Kamis, Juni 20, 2024

Waspada Kesehatan! 4 Minuman Ini Ternyata Tak Boleh Dikonsumsi Pagi Hari

Ragam, Jabarupdate: Tidak baik untuk kesehatan, ada empat minuman yang tidak boleh dikonsumsi di pagi hari. Hal ini karena, pada pagi hari ketika perut kosong, sebagian besar orang mengawali harinya dengan meminum kopi atau teh. Ternyata, kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan.

Melansir dari laman kesehatan, para peneliti mengatakan ada bahaya kesehatan ketika seseorang salah mengonsumsi minuman saat perut kosong, mari simak penjelasannya.

Minuman Dingin

Saat pagi hari dan kondisi perut masih kosong tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman dingin. Hal ini mengakibatkan iritasi pada lambung dan usus.

Ketika minuman dingin masuk ke sistem pencernaan dan dapat memicu kontraksi otot di perut yang menyebabkan kembung dan tidak nyaman.

Selain itu, minuman dingin juga dapat memperlambat proses pencernaan, membuat perut terasa penuh, dan begah lebih lama.

Kopi atau Teh

Kopi atau teh sering menjadi minuman yang biasa diminum di pagi hari. Kebiasaan ini tidak sehat karena kandungan kafein dalam kopi atau teh bisa mengganggu sistem pencernaan.

Jika kopi atau teh diminum saat perut kosong, hal ini dapat meningkatkan asam lambung yang menyebabkan gejala tidak nyaman seperti naiknya asam lambung dan sensasi terbakar di dada.

Jus Jeruk

Selain minuman dingin, teh, dan kopi rupanya jus jeruk termasuk minuman yang biasa diminum di pagi hari.

Padahal, meminum jus jeruk di pagi hari saat perut kosong dapat menyebabkan gangguan pada lambung. Hal ini dikarenakan kandungan asam pada jeruk yang bisa mengiritasi lambung.

Risiko ini bisa jadi lebih besar terjadi pada orang yang telah mengalami masalah lambung sebelumnya.

Ini juga berlaku pada minuman jeruk lainnya yang mengandung asam seperti tangerine, orange, atau grapefruit.

Minuman Manis

Kebanyakan orang berpikir mengonsumsi minuman manis merupakan hal yang tidak berpengaruh pada kesehatan.

Faktanya, Minuman manis seperti teh manis atau jus kemasan termasuk minuman yang tidak boleh diminum di pagi hari. Hal ini karena, kandungan gula yang tinggi untuk asupan di pagi hari saat perut kosong dapat berbahaya bagi tubuh.

Konsumsi gula yang berlebihan dapat membebani hati dan pankreas. Minuman manis sebaiknya dihindari saat perut kosong karena dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler