Minggu, April 14, 2024

Women from Rote Island, Kisah Mengenaskah di Wilayah Timur Indonesia

Editor:Hasby Agni

Ragam, Jabarupdate: Film yang telah berkelana di berbagai ajang bergengsi internasional ini akhirnya hadir di Bioskop Indonesia. Women from Rote Island mendapat 14 nominasi di ajang Festival Film Indonesia 2023 dan berhasil memenangkan nominasi Sutradara Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Film Cerita Panjang Terbaik, dan Penulis Skenario Asli Terbaik.

Sebelumnya, film debut sutradara Jeremias Nyangoen ini juga pernah tayang di beberapa festival film internasional, seperti QCinema International Film Festival di Filipina, Busan International Film Festival 2023, serta Asian Film Festival Barcelona 2023.

Film ini juga menghadirkan jajaran pemeran berbakat. Beberapa di antaranya, yakni Merlinda Dessy Adoe, Van Jhoov, dan Sallum Ratu Ke. Selain itu, ada juta Irma Novita Rihi, Maria Dona Ines, Leonors Leo Leba, dan Yulius Oktavianus.

Sinopsis Film Women from Rote Island

Setelah suaminya yang bernama Abram meninggal, Orpa (Merlinda Dessy Adoe) harus menjadi orang tua tunggal dari tiga anak perempuannya. Namun, Orpa masih belum mau menguburkan mendiang suaminya karena salah satu anaknya yang bernama Martha (Irma Novita Rihi) masih belum pulang.

Saat ayahnya meninggal, Martha sedang bekerja sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di perkebunan sawit di Malaysia. Akhirnya, setelah penantian panjang selama delapan hari, Martha pulang ke kampung halamannya.

Kepulangannya tak disambut dengan kasih sayang oleh warga sekitar. Hal itu terjadi karena perubahan fisik dan sikap Martha yang begitu drastis. Akibatnya, keluarga Martha dan Orpa mendapatkan diskriminasi dari warga sekitar.

Usut punya usut, Martha telah mengalami kekerasan di tempatnya bekerja. Hingga ia pulang ke kampung halamannya, Martha malah mengalami kekerasan seksual.

Dengan premis yang menyakitkan tersebut, Women from Rote Island akan mengangkat cerita sebuah keluarga yang menuntut keadilan dan perjuangan hak-hak seorang wanita.

Women from Rote Island” adalah sebuah karya yang memukau dan menyentuh hati, mengangkat cerita tentang perjuangan seorang ibu tunggal dan anak perempuannya dalam menghadapi tantangan hidup yang berat.

Dengan pemeran yang kuat dan penghargaan yang membanggakan dari Festival Film Indonesia 2023, film ini memperlihatkan kedalaman emosi dan kekuatan wanita dalam menghadapi kesulitan.

Disutradarai oleh Jeremias Nyangoen, film ini tidak hanya mempersembahkan kisah yang mengharukan, tetapi juga menyoroti isu-isu sosial yang penting, seperti kekerasan terhadap perempuan dan diskriminasi.

Saksikan Women from Rote Island di bioskop terdekat mulai tanggal 22 Februari 2024.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler