Minggu, April 14, 2024

Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Pemkab Ciamis Gencarkan Pengolahan Sampah dengan Cara Produktif

Ciamis, Jabarupdate: Penanganan sampah menjadi persoalan yang serius di beberapa Kota/Kabupaten, termasuk di Kabupaten Ciamis.

Dalam momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024 (HPSN) yang selalu diperingati setiap tanggal 21 Februari, Pemkab Ciamis kampanyekan pengolahan sampah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis, Taufik Gumelar menjelaskan terkait tema tahun ini yaitu Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif.

“Dengan tema ini, kami selalu pemerintah mengajak kepada masyarakat untuk melakukan kolaborasi terkait penanganan sampah di Kabupaten Ciamis dengan cara yang produktif,” ungkapnya pada Rabu (22/02/2024).

Taufik menerangkan pengelolaan sampah yang dapat dilakukan antara lain melalui penanganan sampah oleh pemerintah daerah dan pengurangan sampah berbasis masyarakat.

Hal tersebut sesuai Surat Edaran Bupati Ciamis Nomor 600.1.17.3/179-DPRKPLH tanggal 7 Februari tahun 2024, Pemkab Ciamis mengajak masyarakat berpartisipasi dalam upaya pengelolaan sampah dari sumber untuk mengurangi sampah yang diolah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

“Melalui gerakan memilah dan mengolah sampah di sumber sampah, kita berharap dapat menekan tumpukan di TPA,” ungkapnya.

Data menunjukan sebanyak 73.747,52 ton per tahun atau 40,48% sampah ditangani oleh pemerintah, sedangkan data pengurangan yang dilakukan oleh masyarakat Ciamis sebesar 73.117,75 ton per tahun.

“Data tersebut mengacubpada Jakstrada Kabupaten Ciamis tahun 2023 yang dilaporkan melalui SiPSN,” kata Taufik.

Upaya penanganan sampah di Kabupaten Ciamis sudah berjalan melalui penanganan sampah di TPST dan TPA oleh pemerintah melalui DPRK PLH Ciamis.

“Untuk pengurangan sampah sudah dilakukan oleh masyarakat melalui TPS3R bank sampah, komposter, dan maggot,” ujarnya.

Melalui peringatan HPSN 2024, Taufik menyampaikan sebagai upaya mencegah dan mengatasi sampah plastik dengan cara yang produktif.

“Itu dilakukan menuju pencapaian kesepakatan global dalam Internasional Legally Binding Instrumenton Plastic Pollution (ILBI) pada Tahun 2024,” ungkapnya.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler